Bentuk tindak tutur ekspresif antara tutor dengan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia

Endah Cahyaningsih, Universitas Muhamamdiyah Surakarta, Indonesia
Laili Etika Rahmawati, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstract


Pada proses pembelajaran antara pendidik dan siswa sering digunakan bentuk tindak tutur ekspresif karena sering mengekspresikan perasaan yang dirasakan melalui tindakan yang dituturkan. Hal tersebut bisa dibuktikan saat pembelajaran berlangsung, pendidik memberikan pujian sebagai bentuk apresiasi kepada siswanya melalui tuturan memuji. Selain itu, pendidik juga sering menggunakan tuturan menyetujui dan menyalahkan dari pernyataan yang sudah dituturkan oleh siswanya. Penggunaan tindak tutur ekspresif di sekolah dengan tindak tutur ekspresif yang digunakan di bimbingan belajar terlihat berbeda. Bahasa yang digunakan di sekolah menggunakan bahasa yang formal. Pada bimbingan belajar menggunakan bahasa semiformal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif dalam pembelajarn bahasa Indonesia di Bimbingan Belajar Primagama Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik simak, catat dan rekam merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Hasil penelitian ini terdapat 8 bentuk tindak tutur ekspresif meliputi tindak tutur: (1) menyetujui, (2) memuji, (3) meminta maaf, (4) mengucapkan terima kasih, (5) mengeluh, (6) berharap, (7) bersyukur, dan (8) menyalahkan. Simpulan enelitian ini adalah bentuk tindak tutur yang dominan dalam pembelajaran yaitu tindak tutur menyetujui dengan jumlah data 7 (20%), sedangkan tindak tutur yang tidak dominan yaitu tindak tutur terima kasih berjumlah 2 data (6%).

Kata Kunci: bimbingan belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia, tindak tutur ekspresif

Expressive speech act forms between tutors and students in learning Indonesian language

Abstract

In the learning process between educators and students, expressive speech acts are often used because they often express the feelings they feel through the actions spoken. This can be proven when learning takes place, educators give praise as a form of appreciation to their students through praising speech. In addition, educators also often use utterances of agreeing and blaming from statements that have been spoken by their students. The use of expressive speech acts in schools with expressive speech acts used in tutoring looks different. The language used in schools uses formal language. In tutoring using semiformal language. This study aims to describe the form of expressive speech acts in Indonesian language learning at the Primagama Wonogiri Learning Guidance. This study used descriptive qualitative method. Listening, note-taking and recording techniques are data collection techniques used. The results of this study there are 8 forms of expressive speech acts including speech acts: (1) agreeing, (2) praising, (3) apologizing, (4) thanking, (5) complaining, (6) hoping, (7) grateful, and (8) blame. The dominant form of speech act in learning is an affirmative speech with a total of 7 data and a percentage of 20%, while the non-dominant one is an expression of gratitude with a total of 2 data and a percentage of 6%.

Keywords: tutoring, Indonesian Language Learning, expressive speech


Keywords


Expressive Speech, Tutoring, Indonesian Language Learning

Full Text:

PDF

References


Adha, R. & Ermawati, A. 2019. Kesantunan Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia pada Kelas VII.1 SMP Negeri 34 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 327-335. https://doi.org/10.24036/108216-019883.

Apriastuti, N.N.A.A., Rasna I.W., & Putrayasa I.B. 2019. Bentuk, Fungsi dan Jenis Tindak Tutur dalam Komunikasi Siswa di Kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 48-58. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/11960.

Askia, N., Razali, & Azwardi. 2020. Analisis Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Belajar Mengajar di MAN 3 Aceh Besar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 14 (2), 56-63. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JLB/article/view/18820.

Defina. 2018. Tindak Tutur Ekspresif pada Anak-Anak Saat Bermain Bola di Lapangan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 7(1), 69-85. https://doi.org/10.26499/rnh.v7i1.469.

Ekawati, M. 2017. Kesantunan Semu pada Tindak Tutur Ekspresif Marah dalam Bahasa Indonesia. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, I (1), 1-22. http://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/Adabiyyat/article/view/1053.

Mardiah, S. 2020. Tindak Tutur Ekspresif dalam Percakapam Nonformal Siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 127-134. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12470.

Mualimah, E.N., Ade, E. A., Usmaedi, & Elih, S. 2021. Tindak Tutur Ekspresif Mahasiswa Program Studi PGSD STKIP Setiabudhi dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak. Jurnal Educatio, 7(1), 129-133. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.868.

Mu’awanah, I. & Asep P.U. 2020. Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Berita Dokter Virus Corona Meninggal di Wuhan pada Saluran Youtube Tribunews.com. Jurnal Skripta, 6 (2), 72-80. https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.868.

Nofrita, M. 2016. Tindak Tutur Ekspresif Mengkritik dan Memuji dalam Novel Padang Bulan dan Cinta di dalam Gelas Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Rokania, 1 (1), 51 – 60. https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/82.

Nugrahini, W., Dewi, H.S., & Uah, M. 2021. Analisis Tindak Tutur Ekspresif pada Youtube Laptop Si Unyil dan Pemanfatanya sebagai Bahan Ajar Teks Laporan Hasil Observasi di SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3928-3934. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1309.

Nurhamida, & Tressyalina. 2019. Strategi Bertutur Dalam Tindak Tutur Ekspresif Bahasa Indoensia pada Kegiatan Diskusi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(4), 21-29. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/106907.

Nursiah & Siti, A.L. 2020. Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal LINGUA SUSASTRA, 1(2), 73-81. https://doi.org/10.24036/ls.v1i2.12.

Puspitasari, D. 2020. Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas VII MTSN 4 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5 (3), 81-93. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12729.

Rodearni, Y.S., Elmustian, & Auzar. 2019. Tindak Tutur Ilokusi Comica Roni Immanuel ”Mongol Stres” dalam Acara Stand Up Comedy Show dan Implikasinya. JURNAL TUAH Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 1 (1), 78-86. https://jtuah.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTUAH/article/view/7505/6557.

Royanti. 2019. Expressive Speech Act as Found On La La Land Movie. INOVISH JOURNAL, 4(2), 131-140. http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IJ/article/view/1162

Rukmana, H.F., Suryadi & Irma, D. 2017. Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII Tunagrahita SMPLB Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Jurnal Korpus, 1(1), 58-67. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/3269.

Sandra, E., Misra N., & Rita A. 2020. Analisis Tindak Tuttur Ekspresif dalam Novel Hujan Karya Tere Liye. Jurnal AKRAB JUARA, 5(4), 11-19. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1237.

Saputri, Fani., & Aninditya, S.N. 2020. Tindak Tutur Siswa dalam Pembelajaran Online Via Whatsapp di Kelas 3 SD Negeri 2 Setrojenar (Studi Deskriptif Dilihat dari Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi). Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(2), 89-9. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.2917.

Saputri, W.D., Leli T., & Khusnul K. 2020. Tindak Tutur Ekspresif Percakapan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Raudatul Athfal Baitul Iman Tegal dan Implikasinya. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK) 5(2), 1-12. https://www.i-rpp.com/index.php/jipk/article/view/1128.

Sari, I.P. & Cintya N.I. 2020. Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Acara Seminar Mario Teguh Terbaru 2019. Jurnal Hasta Wiyata, 3(2), 47-53. https://hastawiyata.ub.ac.id/index.php/hastawiyata/article/view/55.

Siregar, K.C. & Jefrey, O.S. 2020. Analisis Tuturan Ekspresif Guru dalam Interaksi Pembelajaran di Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2),81-89. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i2.298.

Sirwan, L.B. & Yuyun, Y. 2017. An Analysis Of Expressive Speech Acts Used by Steve Rogers as The Main Character in Civil War Movie. Journal of English Language and Language Teaching (JELLT), 1(2), 61-67. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JELLT/article/view/1873.

Susmita, N. 2019. Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(1), 25-30. https://doi.org/10.29210/02353jpgi0005.




DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v21i2.44974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                                 

 

__________________________________________________________________________________________________

 

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter