Christine Nöstlinger pada arena sastra anak dan remaja Jerman abad XXI

Yati Sugiarti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Lia Malia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Wening Sahayu, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Akbar Kuntardi Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Untuk meraih posisi unggul di antara sesama penulis sastra, dalam hal ini sastra anak, seorang pengarang harus melalui beberapa tahapan sulit dalam karir kepengarangannya. Dan arena dalam konsep strukturalisme genetik Bourdieu merupakan perjuangan, adu kekuatan, sebuah medan dominasi dan konflik antar individu, antar kelompok demi mendapatkan posisinya. Posisi itu dapat diraih melalui habitus dan modal. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap arena yang diperjuangkan Christine Nöstlinger dalam bidang sastra anak dan remaja Abad XXI. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekspresif. Sumber data penelitian adalah biografi Christine Nöstlinger yang berjudul Glück ist was für Augenblicke, Errinnerungen. Data yang berupa kutipan-kutipan frasa dan kalimat yang ada dalam biografi amatan selanjutnya dianalisis dengan Teori Strukturalisme Genetik Pierre Bourdieu (2010). Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) habitus Christine Nöstlinger meliputi membaca, berdiskusi, menggambar, dan menulis (2) modal yang dimiliki meliputi modal ekonomi, modal sosial, modal budaya, dan modal simbolik. (3) dengan karya utamanya sebanyak 147 buah dan 38 penghargaan dalam bidang sastra anak dan remaja, Christine Nöstlinger berhasil memperjuangkan arenanya yaitu arena sastra anak dan remaja Abad ke -21. Capaian tersebut mengukuhkan posisi Christine Nöstlinger sebagai pengarang sastra anak dan remaja Jerman Abad ke-21.

Kata kunci: Christine Nöstlinger, strukturalisme genetik, habitus, modal, arena

 

Christine Nöstlinger in the 21st century children’s and youth German literature

 

Abstract

In order to gain a prominent position among writers of children’s literature, Christine Nöstlinger had to go through several difficult stages in her writing career. Arena in Bourdieu's concept of genetic structuralism is described as struggle, power struggle, domination, and conflict between individuals, between groups to get their position. This position can be achieved through habitus and capital. This study aims to describe (1) habitus, (2) capital, and (3) the arena of Christine Nöstlinger in the 21st-century children's and youth literature. This research used an expressive approach by utilizing Pierre Bourdieu's Theory of Genetic Structuralism (years). Sources of research data were Nöstlinger, Christine (2013). Glück ist was für Augenblicke, Errinnerungen. Wien: Residenz Verlag. Data were obtained by literature study, reading and note-taking techniques. The data were analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. The validity of the data was obtained through semantic validity. The reliability used is intrarater and interrater reliability. The results of this study are as follows: (1) Christine Nöstlinger's habitus in this study includes reading, discussing, drawing, and writing (2) her capital encompasses economic capital, social capital, cultural capital, and symbolic capital, (3) the arena that Christine Nöstlinger is fighting for is the 21st-century children's and youth literature with 147 main works and 38 awards in children's and youth literature. This achievement confirms Christine Nöstlinger's position as a 21st-century German writer of children's and youth literature.

Keywords: Christine Nöstlinger, genetic structuralism, habitus, capital, arena

Keywords


Christine Nöstlinger, genetic structuralism, habitus, capital, arena

Full Text:

PDF

References


Barokova, J. (2006). Sieben österreichische Kinderbuchautorinnen der Gegenwart. Brünn: Masaryk- Universität.

Bourdieu, P. (2010). Arena produksi kultural. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Faruk. (2012). Metode penelitian sastra. sebuah penjelajahan awal. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Gansel, C. (2010). Moderne kinder- und jugendliteratur. Berlin: Cornelsen Verlag.

Ginting, H. S. H. ( 2019). Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata: Analisis habitus dan modal dalam arena pendidikan. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 13(1), 47-56. DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v13i1.1910.

Jenkins, R. (2016). Membaca pikiran Pierre Bourdieu. (Penerjemah, Nurhadi). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Harker, R., Cheelen M. & Chris W. (2009). (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik. Yogyakarta: Jalasutra.

Karnanta, K. Y. (2013). Paradigma teori arena produksi kultural sastra: Kajian terhadap pemikiran Pierrea Bourdieu. Jurnal Poetika, 1(1), 1-3. https://adoc.pub/jurnal-poetika-vol-1-no-1-juli-2013-paradigma-teori-arena-pr.html.

Krisdinanto, N. (2014). Pierre Bourdieu, Sang Juru Damai. Jurnal Kanal, 2(2), 14-16 DOI:https://doi.org/10.21070/kanal.v2i2.300.

Nöstlinger, C. (2014). Glück ist was für Augenblicke, Errinnerungen. Wien: Residenz Verlag.

Rötzer, H. G. (2004). Geschichte der Deutschen Literatur. Epoche, Autoren, Werke. Bamberg: C.C. Buchners Verlag.

Safitri, A. N. (2015). Pergulatan Iman Budhi Santosa untuk mencapai posisi terkonsekrasi dalam arena sastra Yogyakarta. Jurnal Poetika, 3(2), 124-131. https://doi.org/10.22146/poetika.v3i2.10441.

Schikorsky, I. (2003). Kinder-und jugendliteratur. Köln: DuMont Verlag.

Siregar, M. (2016). Teori “gado-gado” Pierre-Felix Bourdieu. Jurnal Studi Kultural, 1(2), 79-82. https://media.neliti.com/media/publications/223848-teori-gado-gado-pierre-felix-bourdieu.pdf.

Strauss, A. and Corbin, J. (2007). Dasar-dasar penelitian kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Liste einzelner Kinder -und Jugendbuchautoren (www.detlef- heinsohn.de).




DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v21i2.44020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                                 

 

__________________________________________________________________________________________________

 

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter