LITERASI MEMBACA MAHASISWA OLAHRAGA

Rizki Mulyawan, Department of Sport Science, Faculty of Sport Science, Universitas Negeri Yogyakarta., Indonesia
Guntur Guntur, Department of Sport Education, Faculty of Sport Science, Universitas Negeri Yogyakarta., Indonesia
Cerika Rismayanthi, Department of Sport Science, Faculty of Sport Science, Universitas Negeri Yogyakarta., Indonesia

Abstract


Literasi menjadi bagian penting bagi masa depan seseorang. Pengetahuan akan lebih luas apabila kebiasaan membaca sudah ditanamkan sejak dini. Sayangnya, tingkat literasi masyarakat masih sangat rendah, maka dari itu muncul keinginan dalam mendalami bagaimana persepsi mahasiswa di lingkungan pendidikan tinggi tentang kebiasaan dalam literasi. Lebih spesifik, subjek penelitian berasal dari mahasiswa olahraga yang mengikuti perkuliahan telaah literatur. Terdapat sejumlah 85 orang yang terlibat dalam studi deskriptif secara sukarela. Pemilihan subjek penelitian dilakukan melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara observasi, angket, dan wawancara. Studi pendahuluan ini menghasilkan gambaran tentang kebiasaan membaca mahasiswa olahraga yang masih sangat rendah, 10-15 menit waktu membaca dilakukan oleh mahasiswa olahraga dengan presentase sebanyak 36,5%, diikuti oleh kebiasaan membaca dalam rentang 5 – 10 menit, 15 – 30 menit, di bawah 5 menit dan di atas 30 menit yaitu 34,1%, 15,3%, 9,4%, dan 4,7% dari mahasiswa olahraga yang terlibat pada studi pendahuluan ini. Lalu, mayoritas mahasiswa hanya membaca 1 kali sehari mencapai 64%. Meskipun begitu, pengetahuan tentang mencari informasi sudah mencakup sumber nasional dan/atau internasional. Hasil survey studi pendahuluan ini menyimpulkan bahwa minat baca mahasiswa olahraga sangat rendah, sehingga perlu cara untuk memperbaiki tingkat literasi mahasiswa olahraga untuk lebih membuka wawasan.


Keywords


literasi; mahasiswa olahraga; kebiasaan membaca.

Full Text:

PDF

References


Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2015). Literasi Media Internet di Kalangan Mahasiswa. Humaniora. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3376

Andina, E. (2017). Strategi Dosen dalam Pengondisian Perilaku Membaca Mahasiswa di Era Digital: Studi Kasus di Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial.

Anggriani, Y. (2020). Pemanfaatan Gadget dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Keluarga. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan. https://doi.org/10.20473/jpua.v10i2.2020.138-147

Anugra, H., Yusup, P. M., & Erwina, W. (2013). Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches - John W. Creswell, J. David Creswell - Google Books. In SAGE Publications, Inc.

Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). PENGARUH PROGRAM POJOK LITERASI TERHADAP MINAT BACA MAHASISWA. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307

Dewi, R. S., Fahrurrozi, Hasanah, U., & Wahyudi, A. (2020). Reading Interest And Reading Comprehension A Correlational Study in Syarif Hidayatullah State Islamic University, Jakarta. Talent Development & Excellence.

Erwin Hutapea. (2019). Literasi Baca Indonesia Rendah. In Kompas.com.

Faught, E. L., Ekwaru, J. P., Gleddie, D., Storey, K. E., Asbridge, M., & Veugelers, P. J. (2017). The combined impact of diet, physical activity, sleep and screen time on academic achievement: A prospective study of elementary school students in Nova Scotia, Canada. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0476-0

Fitria, W. (2019). Reading Interest and Reading Comprehension : A Correlational Study. Journal Educative : Journal of Educational Studies. https://doi.org/10.30983/educative.v4i1.1333

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education, 8th Edition (2012). In Climate Change 2013 - The Physical Science Basis.

Handayani, V. T. (2019). DONGENG SEBAGAI STIMULAN AWAL PENINGKATAN MINAT BACA BAGI SISWA PAUD BUNDA HAJAR JATINANGOR. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i1.280

Hudhana, W. D., & Ariyana, A. (2018). Menanamkan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini Melalui Dongeng. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.31000/lgrm.v7i2.882

Karo, S. E. B. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Literasi Dasar Pada Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling.

Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi. https://doi.org/10.33367/psi.v1i2.295

Kolovos, S., Jimenez-Moreno, A. C., Pinedo-Villanueva, R., Cassidy, S., & Zavala, G. A. (2021). Association of sleep, screen time and physical activity with overweight and obesity in Mexico. Eating and Weight Disorders. https://doi.org/10.1007/s40519-019-00841-2

Leu, D. J., Forzani, E., Rhoads, C., Maykel, C., Kennedy, C., & Timbrell, N. (2015). The new literacies of online research and comprehension: Rethinking the reading achievement Gap. Reading Research Quarterly. https://doi.org/10.1002/rrq.85

Matin, N., Kelishadi, R., Heshmat, R., Motamed-Gorji, N., Djalalinia, S., Motlagh, M. E., Ardalan, G., Arefirad, T., Mohammadi, R., Safiri, S., & Qorbani, M. (2017). Joint association of screen time and physical activity on self-rated health and life satisfaction in children and adolescents: The CASPIAN-IV study. International Health. https://doi.org/10.1093/inthealth/ihw044

Prahesti, S. I. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ahbabul Ulum Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.134

Putri, S. (2020). Pemanfaatan Internet untuk Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa PLS IKIP Siliwangi. Comm-Edu (Community Education Journal). https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3700

Rahadian, G., Rohanda, R., & Anwar, R. K. (2014). PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA GEMAR MEMBACA. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11628

Rose, T., Barker, M., Maria Jacob, C., Morrison, L., Lawrence, W., Strömmer, S., Vogel, C., Woods-Townsend, K., Farrell, D., Inskip, H., & Baird, J. (2017). A Systematic Review of Digital Interventions for Improving the Diet and Physical Activity Behaviors of Adolescents. In Journal of Adolescent Health. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2017.05.024

Rudd, J. R., Pesce, C., Strafford, B. W., & Davids, K. (2020). Physical Literacy - A Journey of Individual Enrichment: An Ecological Dynamics Rationale for Enhancing Performance and Physical Activity in All. In Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01904

Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). BUDAYA LITERASI DI KALANGAN MAHASISWA FBS UNY. LITERA. https://doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14254

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies.

UNESCO. (2017). Literacy Rates Continue to Rise from One Generation to the Next. Unesco.

Wang, L., Lee, H., & Ju, D. Y. (2019). Impact of digital content on young children’s reading interest and concentration for books. Behaviour and Information Technology. https://doi.org/10.1080/0144929X.2018.1502807

Yusup, P. M., & Saepudin, E. (2017). PRAKTIK LITERASI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEPANJANG HAYAT (INFORMATION LITERACY PRACTICES IN THE PROCESS OF LIFELONG LEARNING). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.11387




DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v20i3.43997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                                 

 

__________________________________________________________________________________________________

 

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter