Analisis kesalahan berbahasa pada surat edaran resmi

Bagaskara Nur Rochmansyah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Indrya Mulyaningsih, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Itaristanti Itaristanti, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kaidah kebahasaan yang digunakan pada surat resmi berupa surat edaran di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berfungsi menjabarkan fenomena yang terjadi secara objektif tanpa adanya perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen untuk mendapatkan data berupa arsip surat edaran. Teknik lainnya adalah wawancara untuk mendapatkan data berupa penyebab terjadinya kesalahan berbahasa. Teknik analisis yang digunakan adalah metode padan dan agih untuk mengetahui padanan kata dan membenahi tata bahasa yang termasuk dalam kesalahan. Data yang didapatkan dari hasil analisis empat belas surat edaran yang diterbitkan pada Maret—September 2020 sebanyak 644 bentuk kesalahan. Kaidah kebahasaan pada surat edaran ini berupa ketidaksesuaian dalam menggunakan huruf kapital, penggunaan kata yang tidak baku, penggunaan cetak miring, penggunaan cetak tebal, penggunaan tanda baca, dan penggunaan kata yang tidak tepat. Ketidaksesuaian ini disebabkan oleh kebiasaan penulis menggunakan kaidah yang salah. Selain itu, terbatasnya kemampuan memahami dan mengaplikasikan tata bahasa Indonesia yang benar menjadi penyebab lain dari terjadinya kesalahan berbahasa tersebut.

Kata kunci: kaidah kebahasaan, kebiasaan penulis, pedoman Bahasa Indonesia

Writing rules on official circular

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kaidah kebahasaan yang digunakan pada surat resmi berupa surat edaran di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berfungsi menjabarkan fenomena yang terjadi secara objektif tanpa adanya perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen untuk mendapatkan data berupa arsip surat edaran. Teknik lainnya adalah wawancara untuk mendapatkan data berupa penyebab terjadinya kesalahan berbahasa. Teknik analisis yang digunakan adalah metode padan dan agih untuk mengetahui padanan kata dan membenahi tata bahasa yang termasuk dalam kesalahan. Data yang didapatkan dari hasil analisis empat belas surat edaran yang diterbitkan pada Maret—September 2020 sebanyak 644 bentuk kesalahan. Kaidah kebahasaan pada surat edaran ini berupa ketidaksesuaian dalam menggunakan huruf kapital, penggunaan kata yang tidak baku, penggunaan cetak miring, penggunaan cetak tebal, penggunaan tanda baca, dan penggunaan kata yang tidak tepat. Ketidaksesuaian ini disebabkan oleh kebiasaan penulis menggunakan kaidah yang salah. Selain itu, terbatasnya kemampuan memahami dan mengaplikasikan tata bahasa Indonesia yang benar menjadi penyebab lain dari terjadinya kesalahan berbahasa tersebut.

Kata kunci: kaidah kebahasaan, kebiasaan penulis, pedoman bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Amin, M. F. 2020. Kesalahan Pemakaian Ejaan dalam Penulisan Autobiografi Mahasiswa Prodi S-1 Sastra Indonesia Universitas Diponegoro Angkatan 2019 Kelas A. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 15(1), 84–95. https://doi.org/10.14710/nusa.15.1.84-95.

Aprilani, F. 2017. Verba Temirudan Modifikasinya: Kajian Struktur. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 8–14. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/izumi/article/view/12168.

Ariyanti, R. 2019. Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca, dan Penulisan Kata pada Koran Mercusuar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(4), 12–28. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12178/9361

Ellis, R. (1994). The Study of Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press

Fitriani, A. Y. R., & Rahmawati, L. E. 2020. Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Huruf Miring dalam Teks Berita Online Detiknews dan Tribunnews. Bahastra, 40(1), 10. https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i1.14695.

Ghufron, S. 2016. Kesalahan Pemakaian Ejaan dalam Karangan Siswa. EDU-KATA, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(1), 1–8. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/742586.

Haryanti, A. S. 2019. Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital pada Karangan Deskripsi Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 351–367. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3047.

Itaristanti, I. 2020. Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik pada Nama Tempat Usaha di Jalan Perjuangan Kota Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 5(2), 223–236. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i2.6427.

Johan, G. M. 2018. Belajar Bahasa Secara Holistik : Apakah Pandangan Murid?. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(2), 102–117. https://doi.org/10.17509/bs

Junawaroh, S. (2015). Kajian Deskriptif Struktural Wacana Grafiti pada Truk. Humanika, 21(1), 49. https://doi.org/10.14710/humanika.21.1.49-55.

Kemendikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khadijah. (2013). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan pada Karangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/71.

Komalasari, F. (2020). Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Teks Biografi. Dinamika, 3(2), 69–73. https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1003.

Leksono, M. L. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pada Tugas Makalah dan Laporan Praktikum Mahasiswa IT Telkom Purwokerto. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 4(2), 116–120. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i2.1106.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Depok: Rajawali pers.

Mulyani, D. M., & Fitriani, H. S. H. (2018). Analisis Kesalahan Pengunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Karangan Sederhana Siswa Kelas III SDN II Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Lingua Rima 6(2), 41–49. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v7i1.1616.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan karya Ilmiah. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Nurhamidah, D. 2018. Analisis Kesalahan Ejaan pada Karangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pena Literasi, 1(2), 92–107. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.92-107.

Nurmawati, Barsandji, S., & Muhsin, M. 2015. Peningkatan KemampuanMenggunakan Tanda Baca Titik , Koma , dan Titik Dua dalam Kalimat dengan Menggunakan Metode Latihan Siswa Kelas IV SDN Atananga. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 132–146. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4113.

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153. https://doi.org/10.21009/aksis.020201.

Pandini, I. 2020. Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan pada Karangan Narasi Siswa Kelas XI SMAN 5 Model Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(4), 81–89. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12747.

Qhadafi, M. R. 2018. Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4), 1–21. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10525.

Sari, H., Kurniaman, O., Alpusari, M., Sari, H., Kurniaman, O., & Alpusari, M. 2018. the Error Analysis of the Use Capital Letters and Punctuation on Summary Thesis of PGSD Study Programs Force 2012. Jurnal Onine Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Imu Pendidikan, 5(1), 1—15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/17933/17319.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sukmawaty. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kharisma Makassar. Jurnal Retorika, 10(1), 56–65. https://doi.org/10.26858/retorika.v10i1.4617.

Supriani, R., & Siregar, I. R. 2016. Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Edukasi Kultura, 3(2) 67–76. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kultura/article/view/5204.

Supriyadi, D., Imam, B., & Mulyono, M. 2019. Istilah-Istilah Sesaji Ritual Jamasan Kereta Kanjeng Nyai Jimat di Museum Kereta Keraton Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/29852.

Tamara, B., Naufal, D., Ismail, R. B., & Pradani, R. A. 2020. Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca pada Media Sosial Resmi Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Parafrasa, 2(1), 22–29. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1057.

Tussolekha, R. 2019. Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (Ebi) Pada Karya Ilmiah Mahasiswa. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31943/bi.v5i1.58.

Wiana, D. 2019. Kesalahan Bahasa Indonesia pada Tajuk Rencana Surat Kabar Kota Medan (Fenomena Bahasa di Ranah Media Cetak). Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 219–224. http://www.conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1682.

Wijayanti, A. Y. W. 2016. Analisis Penggunaan Ejaan pada Skripsi Mahasiswa PGSD Universitas Islamic Centre Sudirman GUPPI Undasari. MPP Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran 10(2), 184–198. https://doi.org/10.26877/mpp.v10i2.1519.




DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v21i1.40115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                                 

 

__________________________________________________________________________________________________

 

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter