NILAI KESETARAAN GENDER PADA CERPEN DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMA

Ade Husnul Mawadah, Sultan Ageng Tirtayasa University, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai kesetaraan gender dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA. Penelitian ini menggunakan desain analisis isi untuk menganalisis sikap, pandangan, dan citra tokoh laki-laki dan perempuan dalam cerpen-cerpen yang dimuat di buku pelajaran Bahasa Indonesia SMA. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, tokoh laki-laki dalam cerpen pada umumnya memandang perempuan sebagai seseorang yang berhak mendapatkan kesempatan berkarier di luar rumah, teman dalam rumah tangga, teman berdiskusi, dan penentu keputusan. Kedua, peran perempuan yang paling menonjol adalah peran domestik. Sebagai pribadi, perempuan mempunyai keinginan mengaktual­ isasikan dirinya untuk mengembangkan potensi dirinya. Ketiga, aspek kesetaraan gender tampak pada sikap dan perilaku yang dikelompokkan menjadi tiga, yaitu saling memahami, saling menghargai, dan saling berbagi. Ketiga sikap dan perilaku tersebut merupakan wujud sinergitas dan kata kunci kesetaraan gender dalam hubungan bermasyarakat. Kesetaraan berarti bersinergi dalam berbagai bidang kehidupan.

Kata kunci: buku teks, kesetaraan gender, peran domestik, tokoh

 

GENDER EQUITY IN SHORT STORIES IN INDONESIAN LANGUAGE TEXTBOOKS FOR SHS

Abstract

This study aims to describe gender equity in Indonesian language textbooks for the senior high school (SHS). It used the content analysis design to analyze the attitudes, views, and images of male and female characters in the short stories in the textbooks. The findings are as follows. First, the male characters in the short stories generally see women as ones who deserve a career opportunity outside the home, friends in the household, friends in discussion, and decision makers. Second, women’s most prominent role is the domestic role. As individuals, women have desire to actualize themselves to develop their potential. Third, the aspect of gender equity appears in three types of attitudes and behaviors, namely mutual understanding, mutual respect, and sharing. These are the manifestations of synergy and keywords in gender equity in social relations. Equity means synergy in various areas of life.

Keywords: textbooks, gender equity, domestic role, characters


Keywords


short stories, postfeminism, gender, character

Full Text:

PDF

References


Arvanitaki, E. 2017. “Postmillennial Femi­ ninities in the Popular Romance No­ vel”, Journal of Gender Studies, hlm. 1-11.

Djoharwinarlien, Sri. 2012. Dilema Kese­taraan Gender (Refleksi dan Respons Prak­ sisi). Yogyakarta: PolGov Fisipol UGM.

Fraenkel, Jack R dan Norman E. Wallen. 2007. How to Design and Evaluate Rese­ arch in Education. New York: Mc Graw.

Haryanti, A. & Suwana, F. 2014. “The Con­ struction of Feminism in Indonesia”, Procedia, Social and Behavioral Sci­ ences, Volume 155, hlm. 236-241. h t t p : / / e c . e u r o p a . e u / d g s / education_culture/repository/ education/policy/school/doc/ teachercomp_en.pdf.

Mazaya, V. 2014. “Kesetraaan Jender da­ lam Perspektif Sejarah Islam”, Jurnal, SAWWA, Volume 9, Nomor 2, hlm. 323-343.

McRobbie, A. 2004. “Postfeminism and Popular Cultures”, Feminist Media Studies, Volume 3, hlm. 255-264.

Mukhopadhyay, M. 2005. A Guide to Gender-Analysis Frameworks. UK, An Oxfam Publication https://ndi.org/default/ files/Guide%20to%20Gender%20 Analysis%20Framework . pdf . (Diunduh Tanggal 1 Maret 2018).

Murata, Sachiko. 1997. The Tao of Islam (Kitab Rujukan tentang Relasi Gender

dalam Kosmologi dan Teologi Islam). Bandung: Penerbit Mizan.

Purwati, Budi Dewi. 2011. “Nilai-nilai Akh­ ­lakul Karimah dalam Novel Anak di Indonesia tahun 1921-2010”, Litera, Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 10, Nomor 1,hlm. 23-34.

Rahmawati, Aulia. 2018. “Romansa dan Femininitas dalam Film Remaja In­ donesia: Sebuah Tinjauan Postfemi­ nisme Transnasional”, Jurnal Perem­ puan: untuk pencerahan dan keseta­­ raan, Volume 23, Nomor 1, hlm. 43-62.

Sooraj. 2013. Education System: A Narra­­ tion on Education; The Role of Text­ books in Education (Texts and Books). Jakarta; Adm. Publish https:// educational-system.blogspot.com/ co.id. (Diunduh Tanggal 1 Maret 2018).

Sugihastuti dan Saptiawan, Itsna Hadi. 2010. Gender dan Inferioritas Perempuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendi­dikan Karakter. Bandung: Remaja Ros­ dakarya.

Undang-Undang Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Nomor 20 Pasal 3: Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas.

USAID PRIORITAS. 2013. Modul Paket Pelatihan Pembelajaran yang Efektif ting­ kat SD/MI dan SMP/MTs: Modul I. Jakarta: USAID PRIORITAS. http:// prioritaspendidikan.org/id.




DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.18132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                                 

 

__________________________________________________________________________________________________

 

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter