ANALISIS MATERI ESENSIAL MATA PELAJARAN PANEL BODY DAN RANGKA PADA KURIKULUM MERDEKA

Amir Fatah, (Scopus ID: 57211944546) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kir Haryana, Universitas Negeri Yogyakarta
Yoga Guntur Sampurna, Universitas Negeri Yogyakarta
Supriyono Supriyono, Universitas Negeri Yogyakarta
Dinar Kurniawan, Universitas Negeri Yogyakarta
Amar Nazarudin, Universitas Negeri Yogyakarta
Nawa Renobarta Maulidino, Universitas Negeri Yogyakarta
Muhamad Jafar, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


ANALISIS MATERI ESENSIAL  MATA PELAJARAN PANEL BODY DAN RANGKA PADA KURIKULUM MERDEKA

 

Amir Fatah*:  Kir Haryana; Yoga Guntur Sampurna;

Supriyono, Dinar Kurniawan;  Amar Nazarudin; Nawa Renobarta Maulidino, Muhamad Jafar

 

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

*Corresponding Author: amir_fatah@uny.ac.id

 

Abstract

This research is a survey aimed at identifying essential materials in the panel body and frame subjects. This is necessary because it will help identify the core materials that are crucial and relevant to be developed in the learning process, thus improving the efficiency of the learning process. It ensures that students acquire knowledge and skills that can be applied in real life, providing opportunities to develop critical and creative thinking skills, and a deeper understanding of key concepts and the application of that knowledge in different contexts. Data collection was carried out using questionnaires reinforced with interviews, and data analysis was conducted using descriptive methods. The research population consisted of vocational school teachers in the Special Region of Yogyakarta, while the research sample focused on three schools specializing in light vehicle body engineering. The research respondents included 12 teachers distributed across three vocational schools. The results of the study show how teachers determine essential materials in the panel body and frame subjects by involving industry partners in accordance with the guidelines for the development of the independent curriculum. The most essential materials selected by teachers in the Panel Body and Frame subjects include the removal, installation, and light repair of body panels, doors, fenders, and closed panel repairs.

 

Key Words: Materials, Essential, Vehicle Body, Engineering

 

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan tujuan untuk mengetahui materi esensial pada mata pelajaran panel bodi dan rangka. Hal ini perlu dilakukan  karena akan membantu mengidentifikasi pokok-pokok materi yang paling krusial dan relevan untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan efisiensi proses pembelajaran, memastikan siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata serta memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, dan lebih mendalam memahami konsep-konsep kunci dan menerapkan pengetahuan tersebut dalam konteks yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang diperkuat dengan wawancara dan analisis data menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah guru SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta, sementara sampel penelitian difokuskan pada tiga sekolah yang memiliki konsentrasi keahlian Teknik bodi kendaraan ringan.  Responden penelitian berjumlah 12 guru yang tersebar di tiga SMK. Hasil penelitian menunjukkan cara guru menentukan materi esensial pada mata pelajaran panel bodi dan rangka dengan melibatkan industri mitra sesuai dengan petunjuk pengembangan kurikulum merdeka. Adapun materi paling esensial yang dipilih guru pada mata Pelajaran  Panel Body dan Rangka  adalah pelepasan,  pemasangan dan perbaikan ringan panel bodi, pintu, fender,  perbaikan panel tertutup.

 

Kata Kunci : Materi, Esensial, Teknik, Bodi, Kendaraan

Keywords


Materials, Essential, Vehicle Body, Engineering

Full Text:

PDF

References


BSKAP Kemendikbud, (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Bodi Kendaraan Ringan Fase F. Jakarta : BSKAP Kemendikbud.

Fikri dan Hasidungan (2021). Analisis Kompetensi Dasar Esensial pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE). Vol. 3, No. 1, Januari 2021.

Gordon M., (2016). John Dewey’s Democracy and Education in an Era of Globalization. Education Philosophy and Theory. Vol. 48 Issue 10.

Hirsch Jr. (1987). Cultural Literacy: What Every American Needs to Know. Boston: Houghton Mifflin

Idi, A. (1999). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Kaka. P.W. (2022). Integrasi Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Citra Bakti. Stilistika .Volume 11, Nomor 1, November 2022.

Kemendikbud (2022). Kurikulum Merdeka : Keleluasaan Pendidikan dan Pembelajaran Berkualitas. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Kurniati, P., Kelmaskouw. A.L. , Deing.A., Bonin , Haryanto.B.A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2022, 2(2), 408-423

Miller, J. P., & Seller, W. (1981). Curriculum Perspectives and Practice. New York: Longman.

Paidi (2008). Analisis Materi Esensial Sains SMP/MTS: Sebuah Contoh Langkah Taktis Guru Sains Menuju Sukses UAN. Cope.

Pusat Penilaian Kebijakan, Kemendikbud, (2021). Dampak Penyederhanaan Kurikulum terhadap Capaian Pembelajaran Belajar dari Penerapan Kurikulum Darurat di Masa Pandemi COVID-19. Risalah Kebijakan. Nomor 29, November 2021

Ravitch ( 2016). The Death and Life of the Great American School System. UK : Hachette

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Vygotsky, L. S. (1986). Though and Language. (Translate, revised and edited by Alex Kozulin). London: The Massachusetts Institute of Technology

Wiguna.I.K.W., Tristaningrat, M.A.N. (2022) Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3, No. 1, 2022, pp. 17-26




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i1.67672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats