ANALISIS DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT TEST DAN PEMBERSIH INJEKTOR SEPEDA MOTOR

Andi Zulfikar Yusuf, Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Yasdin Yasdin, Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Abstract


Teknologi elektronik fuel injection pada sepeda motor telah mendominasi pada pasar sepeda motor di Indonesia, Teknologi Fuel Injection dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap performa kendaraan, sistem pengabutan injector memiliki variabel penting dalam peningkatan performa, seperti timing injection, duration injection sesuai dengan putaran dan beban pada mesin. Sistem injeksi sepeda motor khususnya pada komponen injector mengalami penurunan berdasarkan intensitas penggunaan kendaraan dan juga kualitas bahan bakar, sehingga secara berkala injector perlu mendapatkan perawatan untuk mendapatkan kinerja yang maksimal dari komponen tersebut. Kinerja Injector banyak dipengaruhi oleh kualitas bahan bakar dan tekanan bahan bakar, untuk mempertahankan kualitas bahan bakar maka ditempatkan komponen filter bahan bakar dengan fungsi untuk menyaring partikel-partikel yang terbawa oleh aliran bahan bakar masuk ke ruang bakar, injector cleaner dan injector tester berfungsi sebagai alat pembersih ultrasonic dan mengetest semprotan dan durasi semprotan injector. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran elektronika otomotif dengan mendesign alat sistem elektronik berbasis arduino yang dapat bekerja membersihkan Injector dan test fungsi injector. Hasil penelitian ini adalah media sistem kelistrikan Test Injector dan pembersih injector berbasis Arduino yang dapat melakukan injeksi bahan bakar berdasarkan variasi putaran mesin dengan menggunakan potensiometer dan juga menghasilkan injeksi bahan bakar dengan durasi penyemprotan yang berbeda sehingga dalam hal ini cara kerja injector dapat terlihat berdasarkan putaran mesin dan pada saat akselerasi yaitu bukaan thortle.


Keywords


Elektronik Fuel Injeksi; Sepeda Motor; Diagnosis

Full Text:

PDF

References


Alam, S., Palaboran, M., & Parenrengi, S. (2023). Studi Experimental Penambahan Minyak Cengkeh Pada Bahan Bakar Pertalite Terhadap Kinerja dan Emisi Gas Buang Mesin Tipe TV-1. TURBO: Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro, 12(1), 104-112.

Kurnia, A & Sudarti. (2021) Efek Rumah Kaca Oleh Kendaraan Bermotor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 4(2), 1-9.

Pranoto, A., & Purwanto, A. (2014). Analisa Kerusakan dan Model Perawatan Injektor Pada Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik. Jurnal Teknologi, 7(2), 175-180.

Sokop, S. J., Mamahit, D. J., & Sompie, S. R. (2016). Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(3), 13-23.

Satria, M. R. A., & Nur, R. (2020). Pengujian Alat Pengecek dan Pembersih Injector Motor. JMIO: Jurnal Mesin Industri dan Otomotif, 1(2), 20-24.

Sukhaemi, A., Sumarli, S., & Widiyanti, W. (2017). Pengaruh variasi komposisi campuran bahan bakar premium dengan pertamax 92 terhadap daya dan emisi gas buang pada honda vario techno 125. JURNAL TEKNIK MESIN, 24(1).

Widodo, S., Hermawan, H., & Huboyo, H. S. (2016). Kajian Perbedaan Kualitas Emisi Gas Buang Mobil Bensin yang Menggunakan Sistem Pembakaran Electronic Fuel Injection (EFI) dan yang Menggunakan Sistem Pembakaran Karburasi (Doctoral dissertation, Postgraduate Program).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i1.67078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats