ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 SEDAYU

Yoga Kurniawan Saputra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yoga Guntur Sampurno, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja; 2) Hambatan dan upaya dalam implementasi keselamatan dan kesehatan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan subyek penelitian siswa kelas 11 dan guru pengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja sudah dilaksanakan dalam kondisi baik dengan dinilai dalam 5 sub-variabel yaitu: Perilaku di tempat kerja, Penggunaan APD, Kondisi Lingkungan Kerja, Penggunaan Peralatan dengan benar dan Budaya Kerja 5R yang semuanya masuk kedalam kategori baik. 2) Hambatan yang dihadapi dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja yaitu masih ada siswa yang kurang sadar pentingnya K3 serta jumlah penyediaan APD yang masih kurang mencukupi. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penerapan K3 di bengkel Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Sedayu yaitu dengan membuat sebuah organisasi khusus untuk K3 yang nanti di dalam nya terdapat program yang jelas untuk meningkatkan kesadaran K3 dalam melakukan semua kegiatan dan penerapan K3 dapat di pantau dan terkoordinir dengan jelas.

Keywords


Analisis, Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, SMK

Full Text:

PDF

References


Febrianti, A. A., Sinthari, Y., Priyatno, O., Susanto, D., Maryati, B., & Ulfah, M. (2021). Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dalam Manajemen Alat Perlindungan Diri (APD). Jurnal Abdi Masyarakat, 68-75.

Daryanto, & Mahir, I. (2016). Keselamatan Kerja Bengkel Otomotif. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewanto, S. A., Munir, M., & Wulandari, B. (2020). Implementasi Prosedur K3 pada Kegiatan Belajar Mengajar Praktik di Prodi PT Elka UNY. ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 161 - 167.

Hakim, R., & Haryana, K. (2021). Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Praktik Kerja Las Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Siswa Jetis Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 9 - 17.

Harvana, Y. (2020). Pengetahuan Keselamatan Kesehatan Kerja Mahasiswa program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Terhadap Kecelakaan Kerja di Bengkel Las. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 81 - 86.

Heinrich, H. W., Dan, P., & Ross, N. (1980). Industrial Accident Prevention . New York: McGraw-Hill

Hernita, Suharto, Setyaningsih, c. Y., Khurniawan, a. w., Dwiyanthi, N., akbar, d., & hutama, s. (2020). Pedoman Penerapan Prinsip-Prinsip 5S. JAKARTA: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan.

Hidayat, N., & Wahyuni, I. (2016). kajian Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bengkel di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 52 - 66.

Iriani, D. S., & Soeharto. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 275 - 290.

Nisak, R. Q., & Afiantari, F. (2018). Implementasi Manajemen Keselamatan Dan Kerja Di Lembaga Pendidikan. PROSIDING Seminar Nasional Kepalangmerahan UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang Tahun 2018 (pp. 31 - 38). Malang: Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Negeri Malang.

Peraturan Pemerintah. (2012). Peraturan Pemerintah (PP) tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja No.50.

Sampurno, Y. G., Siswanto, I., & Efendi, Y. (2018). Karakter Mahasiswa Bidikmisi Pendidikan Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1 - 11.

Setiono, B. A. (2019). Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 179 - 185.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprayitno, H., Rahadi, D. R., & Rusdianto. (2021). Mencegah Kecelakaan Kerja Dengan Budaya 5R. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 20 - 29.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i1.54806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats