STUDI PELAKSANAAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI JURUSAN MANAJEMEN DAN PERAWATAN OTOMOTIF SMK NEGERI 2 KLATEN

Kukuh Yusuf Priatama, Yogyakarta State University, Indonesia
Martubi Martubi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang pelaksanaan e-learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif di jurusan Teknik Manajemen dan Perawatan Otomotif SMK Negeri 2 Klaten yang meliputi kemampuan siswa menggunakan e-learning , kemampuan guru menggunakan e-learning, ketersediaan sarana prasarana siswa dan guru dalam menunjang pembelajaran e-learning, kendala yang dialami oleh siswa dan guru selama masa pelaksanaan e-learning. Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa skor total tingkat kemampuan dari siswa termasuk ke dalam kategori Baik. (1) Aspek Perencanaan termasuk ke dalam kategori Baik (2) Aspek Masukan termasuk ke dalam kategori Baik (3) Aspek Pelaksanaan termasuk ke dalam kategori Baik dan (4) Aspek Pencapaian termasuk ke dalam kategori Baik. Tingkat kemampuan yang diperoleh guru PDTO pada pelaksanaan e-learning termasuk dalam kategori Sangat Baik. Dimana (1) Aspek Perencanaan termasuk ke dalam Kategori Sangat Baik (2) Aspek Masukan kategori Sangat Baik (3) Aspek Pelaksanaan kategori Baik dan (4) Aspek Pencapaian kategori Baik.

Keywords


Studi Pelaksanaan E-learning, Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-learning Sebagai Media Pembelajaran Di Universitas Bina Darma Palembang. 1–6. Palembang

Anas, Z., & Budiman, A. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X TKRO Di SMK Negeri 1 Sedayu. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), 1-22.

Arif, D., & Sofyan, H. (2019). Efektifitas Program Pembelajaran Sekolah SUB T-TEP Toyota (Toyota-Techinacl Education Program) Di SMK Negeri 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 45-54.

Aziz Alimul Hidayat. (2014). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Danang Sunyoto. (2013). Metode dan Instrumen Penelitian. Jakarta: Buku Seru.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Surabaya: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran

Junianto, D. (2015). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibatan Orang Tua, Aktualisasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(3), 262-273.

Jaedun (2009). Penerapan Model Tutor Teman Sejawat Berbasis Internet untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Fisika. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1)

Martubi, M., & Fatah, A. (2010). Peningkatan Prestasi Belajar CAD Mahasiswa Teknik Otomotif Non-Reguler FT UNY melalui Pembuatan “Pohon Kata” Perintah dalam Program AutoCAD. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19(1), 105-122.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bandung: Alfabeta

Poppy, R, Y. (2010). E-learning dan Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arfino Raya.

Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2020). Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Surabaya: Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186–199.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i2.51876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats