KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Ramadhani Ramadhani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suhartanta Suhartanta, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK PIRI 1 Yogyakarta yang berjumlah 373 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel 193 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam pembelajaran daring terdiri dari: (1) Terlalu besar biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi paket data dinyatakan oleh 32 siswa (28,6%); (2) Kesulitan berinteraksi saat pembelajaran daring dinyatakan 30 siswa (27%); (3) Keterbatasan
jaringan internet dinyatakan oleh 24 siswa (21,2%); (4) Pembelajaran daring membosankan dinyatakan oleh 26 (23,2%) siswa.


Full Text:

PDF

References


Aji, R.H.S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. Vol 7 (5). 395-402.

Anas, Z., & Budiman, A. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X Tkro di Smk Negeri 1 Sedayu. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif. Vol 2 (2). Mei 202, p.22

Anonim. (2020). 2 Maret 2020 Kasus Corona Pertama di Indonesia Diumumkan Tahun Lalu. https://tirto.id/2-maret-2020-kasus-corona-pertama-di-indonesia-diumumkan-tahun lalu. (diakses 6 April 2021).

Arief, R., & Umniati, N. (2012). Pengembangan Virtual Class untuk Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 21 (2). Oktober 2012, p. 114.

Arifa, F.N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Jurnal Bidang Kesejahteraan Sosial. Vol 12 (7). 13-18.

Arikunto (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi, B., Amelia. A., Hasanah, U., Putra, A.M., Rahman, H. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar. Halaman. 28-37

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Handayani, T.H.W., & Chayati, I. (2010). Pemanfaatan Sumber Belajar Internet untuk Meningkatkan Kreativitas Penyajian pada Mata Kuliah Pengolahan Makanan Oriental. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan. Vol 19 (2). Oktober 2010, p. 214.

Kemendikbud (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

___________ (2020). Nomor 719/P2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.

Palerangi, A.M., Tuwoso, & Andoko. Kontribusi Kemandirian Belajar dan Keterampilan Sosial Terhadap Pencapaian Kompetensi Kejuruan Siswa Paket Keahlian Teknik Permesinan di Kota Makassar. Jurnal Pendidikan. Vol 1 (9). September 2016,. 1806-1816.

Pranoto, A., Sulistiyaningsih, E., Dzakiya, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Wirausaha Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa Ist Akprind Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif. Vol 3 (1). November 2020, p. 4.

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rigianti, H.A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Vol. 7. No. 2. Hlm. 297-302

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i2.51751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats