IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI KELAS XI TKRO SMK NEGERI 2 WONOSARI

Aditya Aditya Ramadhan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suhartanta Suhartanta, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi  pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran produktif di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif  (TKRO) SMK Negeri 2 Wonosari yang meliputi aspek perencanaan implementasi pembelajaran daring, pelaksanaan implementasi pembelajaran daring, mengetahui hambatan pembelajaran daring dari perspektif guru dan peserta didik, dan mengetahui solusi guru dalam menghadapi pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket.  Hasil penelitian menunjukan: (1) aspek perencanaan guru dalam pembelajaran daring pada kategori sangat baik; (2) aspek pelaksanaan pembelajaran dari persepsi guru pada kategori sangat baik sedangkan pelaksanaan pembelajaran daring dari persepsi peserta pada kategori baik; (3) hambatan pembelajaran daring dari persepsi guru dalam kategori tidak ada hambatan. Hambatan pembelajaran daring dari persepsi peserta didik dalam kategori kurang ada hambatan; (4) solusi untuk mengatasi hambatan dalam memeriksa pekerjaan peserta didik dengan menggunakan aplikasi online yang bisa mengolah hasil penilaian secara otomatis seperti halnya google form, kemudian solusi untuk menangani kesulitan peserta didik dalam memahami materi dengan menambahkan video yang mendukung materi yang di berikan.


Keywords


Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Produktif, TKRO

Full Text:

PDF

References


Erliana, H. (2021). Vocational students’ perception of online learning during the covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 27, No. 1, hlm. 58-65.

Fathurrohman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.

Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeingof Children. 88.

Kemendikbud. (2020). Penyesuaiaan Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi. Jakarta: Kemendikbud

Khamidah, L.N. (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Minggir Sleman. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kor, H., Aksoy, H., & Eerbay, H. (2014). Comparison of the Proficiency Level of the Course Materials (Animations, Videos, Simulations, E-Books) Used In Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 854 – 860. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.150

Nurodanika, M. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor SMK PIRI Sleman. Skripsi.

Purwanto, A. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. 1.

Putra, D. I. (2020). Analisis Penerapan Pembelajaran Daring Di SMK Negeri 1 Katapang. Skripsi.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), pp. 31-34.

Undang-Undang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wu, M. (2018). Creative thinking curriculum infusion for students of teachers’ education program. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 24, No. 1, hlm. 1-12.

Wibowo, N. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Masa Panademi Covid 19 Melalui Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Di SMK Ngeri 1 Saptosari. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, Vol 3, No. 2, hlm. 20.

Zunaidi, A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Ppada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XII Di SMKN 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, Vol 3, No. 2, hlm. 46.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i2.51687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats