ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BENGKEL SEPEDA MOTOR ATC-ASC JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNY

Swastika Fahmi Wijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan bengkel terhadap kualitas jasa servis di bengkel sepeda ATC-ASC Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan bengkel sepeda motor ATC-ASC Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY yang berjumlah 35 orang, yang diambil menggunakan incidental sampling. Teknik analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pelanggan terhadap kualitas jasa servis berada pada kategori “sangat baik” sebesar 34% (12 orang), “baik” sebesar 28,57% (10 orang), “cukup” sebesar 31,40% (11 orang), “kurang” 2,85% (1 orang), dan “sangat kurang” 2,85% (1 orang). Berdasarkan nilai nilai rata-rata kepuasan yaitu 83,71% tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas jasa servis bengkel sepeda motor ATC-ASC Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY dalam kategori “baik”.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.45644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats