IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF PESERTA DIDIK KELAS X TKRO 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Dimas Ari Prasetyo, SMK Muhammadiyah 1 Patuk, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif peserta didik kelas X TKRO 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul melalui implementasi model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada 14 Januari 2020 sampai dengan 4 Februari 2020 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKRO 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 peserta didik. Pengambilan data menggunakan lembar observasi untuk mengamati pelaksanaan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan tes evaluasi hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 75% (kategori baik) yaitu nilai hasil belajar minimal 78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Reciprocal Teaching pada proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif peserta didik kelas X TKRO 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Hal ini terbukti pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 55,17% (kategori kurang) pada siklus II meningkat menjadi 82,76% (kategori sangat baik).


Keywords


Reciprocal Teaching; Hasil Belajar; Teknologi Dasar Otomotif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. & Jabar, C.S.A (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Estidarsini, N. (2014). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) pada Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan untuk Mata Diklat Ilmu Bangunan Gedung di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal JKPTB Vol 3 2014.

Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martubi, M. (2009). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Lanjut Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul dan Lembar Kerja dengan Soal Latihan Berjenjang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 85-102.

Nuh, M. (2004). Strategi-strategi Belajar. Surabaya: University Press

Kampus UNESA.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Sofyan, H. (2015). Metodologi Pembelajaran Kejuruan : UNY Press. Yogyakarta.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zamtinah, H. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Instalasi Listrik Melalui Pendekatan Learning Cycle Five “E” (LC 5 E). Jurnal JPTK Vol 22 Oktober 2014




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1.34972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats