IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TSM A PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM

Aji Wicaksono, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui implementasi pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing  di kelas X TSM A pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif di SMK Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X TSM A tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa dengan bentuk tes objektif pilihan ganda. Metode yang digunakan untuk analisis data yaitu dengan metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas X TSM A pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif dapat ditingkatkan melalui implementasi pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75% siswa dapat mencapai nilai ketuntasan belajar minimal (KBM) 75. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan meningkatnya presentase ketuntasan hasil belajar  pada tiap siklus, yaitu presentase pada pra siklus sebesar 54,83%, siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 86,66%.


Keywords


Snowball Throwing, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i1.33410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats