PERANAN PROGRAM PELATIHAN DALAM MEMANTAPKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMK TKR

Kir Haryana, Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Nirmala Adhi Yoga Pambayun, Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Lilik Chaerul Yuswono, Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Sukaswanto Sukaswanto, Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi pelatihan keahlian yang diikuti guru; (2) Menganalisis dampak pelatihan; (4) Mengetahui pelatihan yang diinginkan guru; (5) Mengidentifikasi kendala dalam pelatihan keahlian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian survey. Populasi penelitian adalah guru paket keahlian TKR di DIY, sampel ditentukan dengan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Terdapat 12 jenis pelatihan yang diikuti guru; (2) Dampak pelatihan masuk dalam kategori sangat baik; (3) Pelatihan yang paling diinginkan guru adalah pelatihan Electronic Fuel Injection (EFI); (4) Kendala dalam pelatihan bidang keahlian keduanya masuk dalam kategori rendah

Kata Kunci: Pelatihan, Dampak, Kompetensi Profesional


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan dan Vokasi Otomotif



 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats