IMPLEMENTASI KARAKTER KERJA BERBASIS BUDAYA KERJA DI INDUSTRI OTOMOTIF PADA MAHASISWA PESERTA KULIAH TEKNOLOGI PEMBENTUKAN DASAR DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY

Sudiyanto Sudiyanto, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Amir Fatah, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Mohkamad Wakid, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menerapkan karakter kerja berbasis budaya kerja di industri otomotif untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar peserta didik mata kuliah Teknologi Pembentukan Dasar (TPD) di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah satu rombongan belajar yang mengambil mata kuliah TPD. Penerapan penelitian dilakukan pada  kelompok  kerja  las  listrik.  Penelitian  menggunakan  model  spiral.  Siklus penelitian direncanakan sampai   partisipasi mahasiswa dan prestasi belajar praktik mencapai 80%. Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  observasi  dan  penilaian  hasil  kerja praktik.  Analisis data menggunakan metode statistik tendensi  sentral (rerata).  Hasil penelitian menerapkan karakter kerja berbasis budaya kerja di industri otomotif mampu meningkatkan prestasi kerja praktik, baik dalam peningkatan produk kerja praktik, yang terkait waktu dan kualitas hasil praktik. Namun partisipasi belajar praktik terutama pada aspek menanya semakin berkurang, hal ini disebabkan karena penerapan disiplin kerja sebagai budaya kerja di industri ini mampu mendongkrak perhatian dan fokus praktikan dalam bekerja.

Kata kunci: karakter kerja, budaya kerja, pembelajaran praktik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan dan Vokasi Otomotif



 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats