Implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Barunawati

Sumanti M. Saleh, Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sugito Sugito, Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Barunawati Kota Ternate dan seberapa besar peningkatan kecerdasan inter-personal anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Barunawati Kota Ternate yang berjumlah 25 orang. Kolabolator dalam penelitian adalah guru kelas B, sebagai pelaksana tindakan, peneliti sebagai observer dan guru pendamping sebagai pembantu observer. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Observasi meliputi proses pembelajaran sosial emosional dan kecerdasan interpersonal anak. Catatan lapangan digunakan untuk melihat permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang berbentuk foto. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak usia dini dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Peningkatan tersebut sebesar 76%.

Kata Kunci: metode bermain peran (role playing), kecerdasan interpersonal, anak usia dini.

 

The Implementation of Role Playing Method to Improve Interpersonal Intelligence of Children Aged 5-6 Years in Kindergarten Barunawati

 

Abstract

The study aims to increase interpersonal intelligence of children aged 5-6 years in kindergarten Barunawati Ternate City and how much the increase in interpersonal intelligence of children aged 5-6 years using role playing methods. This research is a classroom action research conducted in two cycles. The subjects in this study are students in kindergarten group B Barunawati Ternate City amounting to 25 people. The collaborators in this research were the B-grade teachers acting as the executor, while the researcher was an observer and as a teacher assistant in the observation. The data were collected through observation, notes field and documentation. Observations included the process of learning social emotional and childrens interpersonal intelligence. Field notes were used to see the problems faced during the learning. Documentation used to obtain data in the form of photos. The data analysis techniques used simple descriptive statistics. The data were analyzed quantitatively and qualitatively. The results of this study shows that early childhood interpersonal intelligence can be improved through the role playing methods. The increase in the amout of 76%.

Keywords: role playing method, interpersonal intelligence, early childhood


Keywords


metode bermain peran (role playing); kecerdasan interpersonal; anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Armstrong, et al, (2010). Multiple Intelli-gences in the Classroom: a review and reflection, 4, 1.

Dell’Olio M. J & Donk Tony, (2007). Models of teaching. London: Sage Publications.

Desmita. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Donald et al, (2007). Teaching strategies. USA: Houghton Mifflin Company.

Djamarah, S. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hergenhahn B.R & Olson H. M, (2008). Theory of learning. Jakarta: Kencana.

Johnson, D.W., Johnson, R.T., & Holubec, E.J. (2010). Colaborative learning strategi pembelajaran untuk sukses bersama. Bandung: Nusamedia.

Kartini, T. (2007). Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pengetahu-an sosial, 8, 2.

Killen, R. (2009). Effective teaching strategies. Australia: Cengage Learning.

Kurniasih, I. (2009). Pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Edukasia.

Nickerson, S. (2007). Role-play: an often misused active learning. Vol.19 No.5.

Santrock, W. J, (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidik-an. Jakarta: Kencana.

Tohirin, (2007). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis inte-grasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Republik Indonesia. (2013). Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Indonesia.

Wahab, Abdul A. (2009). Metode dan model-model mengajar IPS. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat



JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats