Pengaruh penerapan softskill mahasiswa melalui OKK dengan tatakrama kehidupan di kampus (saat perkuliahan)

Bambang Hariadi, Prodi Komputer Multimedia Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh OKK terhadap tatakrama kehidupan di kampus. Target khusus yang ingin dicapai adalah temuan baru tentang faktor-faktor penerap-an OKK yang berpengaruh secara langsung terhadap tatakrama mahasiswa dalam perkuliahan. Metode yang diterapkan adalah menggunakan rancangan survey. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen yang mengajar mahasiswa angkatan 2013. Penentuan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Agar memenuhi validitas (curricular validity), angket yang disusun mengacu pada nilai-nilai saat OKK dan nilai budaya STIKOM. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan yang signi-fikan penerapan OKK yang telah dilakukan terhadap perilaku mahasiswa saat perkuliahan, (2) OKK tidak berpengaruh pada peningkatan tatakrama kehidupan mahasiswa saat perkuliahan, dan (3) faktor kegiatan OKK yang banyak memberikan pengaruh terhadap tatakarma kehidup-an mahasiswa saat perkuliahan adalah penerapan budaya Stikom. Saran untuk pelaksanaan penelitian yang akan datang sebaiknya (1) penentuan sampel antar kelompok sama atau men-dekati sama, (2) dilakukan pengukuran awal untuk mengetahui perbedaan sebelum dilakukan OKK dengan setelah dilakukan OKK, dan (3) penentuan sampel (subjek penelitian) sebaiknya tidak digunakan silih berganti artinya kalau suatu subjek sudah masuk sampel kelompok A maka tidak dijadikan sampel untuk kelompok B.

Kata kunci: Soft skill, kehidupan kampus, tata krama kehidupan kampus.


The Effect of Students’ Softskill Implementation Through OKK Towards College Life Etiquette (During Lecturing)


Abstract

This study aimed to examine the effect of the OKK manners of life on campus. Specific targets to be achieved is the new findings about factors that affect the implementation OKK directly to the manners of students in lectures. The method adopted is using the survey design. The subjects were students and lecturers who teach students of 2013. Determining the subject of research by purposive sampling technique. The instrument used are questionnaires. In order to meet the validity (curricular validity), a questionnaire compiled refer to the current values and cultural values Stikom OKK. Research findings point that (1) there was no significant difference OKK the implementation that has been made to the behavior of students during lectures, (2) OKK had no effect on improving the manners of life of students during lectures, and (3) factors that many activities OKK manners influence on the lives of students during lectures is the implementation Stikom culture. Suggestions for implementation of future research should (1) determination of the sample between groups must be equal or close to equal, (2) The initial measurements were taken to determine the differences before OKK with after OKK, and (3) determination of the sample (the subject of research) should not be used interchangeably means that if a subject had entered the sample group A then not sampled for group B.

Keywords: Soft skill, college life, manners of college life.


Keywords


Soft skill; kehidupan kampus; tata krama kehidupan kampus

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.R.; Krathwohl, D.R.; Airasian, P.W.; Cruikshank, K.A.; Mayer, R.E.; Pintrich, P.R.; Raths, J.; Wittrock, M.C. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assesing: a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives. A Bridged Edition. New York: Longman.

Degeng, I.N.S. (1989). Ilmu pengajaran: taksonomi variable. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Depdikbud.

Degeng, I.N.S. (1997). Media pembelajaran: makalah pelatihan staf, guru dan kar-yawan sekolah Ciputra. Surabaya, April - Mei 1997.

Degeng, I.N.S. (2000). Paradigma baru pengemasan sistem pendidikan di perguruan tinggi: Pidato ilmiah dalam rangka wisuda sarjana Universitas Merdeka Surabaya. Surabaya, 1 April 2000.

Gagne, R.M. (1985). Principle of instructional design. New York: Hall Rinehant and Winston.

Percival, F. dan Ellington, H. (1988). Teknologi pendidikan. Penerjemah Soedjarwo S. Jakarta: Erlangga.

Sailah, Illah. (2007). Pengembangan soft skills di perguruan tinggi. Makalah: Disampaikan pada Raker Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemaha-siswaan di Kopertis Wil. VII.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat



JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats