Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa Burai melalui Edukasi Protokol Kesehatan COVID-19 Menggunakan Whatsapp

Sri Utami, Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia
Indri Paradillah, Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia
Oktrina Gustanela, Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Jessica Ginting, Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia
Hadi Pratomo, Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia

Abstract


Abstrak: COVID-19 hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius dan telah menyebar luas hampir seluruh negara di dunia dan ditetapkan sebagai pandemi. Pandemi juga membawa dampak pada perekonomian, termasuk di Desa Burai yang merupakan salah satu tempat wisata yang ada yang mana tempat wisata memiliki resiko tinggi terhadap penyebaran virus COVID-19. Penelitian ini untuk mengetahui gambaran pegetahuan, sikap, dan tindakan, serta menilai efektifitas edukasi terhadap kelompok terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19 sebagai bentuk pecegahan pada Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Desa Wisata Burai, Sumatera Selatan Tahun 2020. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dan metode kegiatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah Model Aksi Komunitas atau Community Action Model (CAM), penelitian dilakukan secara online menggunakan media sosial whatsapp. Kegiatan ini disambut baik oleh anggota POKDARWIS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan edukasi penerapan protokol COVID-19 ini mampu meningkatkan pengetahuan dan perubahan sikap serta perilaku peserta kegiatan yang sebelumnya tidak tahu atau apatis terhadap COVID-19 menjadi tahu. Melalui edukasi yang telah diberikan anggota kelompok sadar wisata kini dapat turut aktif dalam melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di desa burai.

 

Empowerment of Tourism Awareness Groups (POKDARWIS) in Burai Village through COVID-19 Health Protocol Education Using Whatsapp

 

Abstract: COVID-19 is still a serious and widespread public health problem that has hit almost all countries in the world and has been declared as pandemic. The pandemic has also had an impact on the economy, including in Burai Village which is one of the existing tourist attractions where tourist attractions have a high risk of spreading the COVID-19 virus. This study is to describe knowledge, attitudes, and actions, as well as assess the effectiveness of education for groups related to the implementation of the COVID-19 health protocol as a form of prevention in community of ecotourism (POKDARWIS) in the tourist village of Burai, South Sumatra in 2020. The research method used qualitative research. and the activity method used in this research is the Community Action Model (CAM), the research was conducted online using whatsapp social media. This activity was welcomed by the member of POKDARWIS, The results of this educational activity succeeded in increasing the knowledge of activity participants and changing attitudes and behavior of activity participants who previously did not know or were apathetic about COVID-19 to know.  Through this education the member of POKDARWIS can be participate actively in preventing the spread of COVID-19 by implementing health protocols in Burai Village.


Keywords


COVID-19; Edukasi Kesehatan; Kelompok Sadar Wisata; Pemberdayaan Kesehatan; Grup Whatsapp, COVID-19; Health Education; Ecotourism Community; Health Empowerment; Whatsapp Group

Full Text:

PDF

References


Abdelhafiz, A. S., Mohammed, Z., Ibrahim, M. E., Ziady, H. H., Alorabi, M.,

Ayyad, M., & Sultan, E. A. (2020). Knowledge, Perceptions, and Attitude of

Egyptians Towards the Novel Coronavirus Disease (COVID-19). Journal of Community Health, 45(5), 881–890.

Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review Published in 1982-2012. Journal PSIKODIMENSIA, 18(1), 85–100.

Ali, B. S. (2015). Strategi Pengembangan Fasilitas Guna Meningkatkan Daya Tarik Minat Wisatawan di Darajat Pass (Waterpark) Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut. Indonesia University of Education.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. American Psychological Association, Prentice-Hall series in social learning theory. Englewood Cliffs, NJ, US: Prentice-Hall, Inc.

BNPB. (2020). Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan COVID-19.

Burhan, E. et al. (2020). Pneumonia COVID-19 Diagnosis dan

Penatalaksanaan di Indonesia. Jakarta, Indonesia: Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

Carl Hanson et al. (2011). Use and Acceptance of Social Media among Health Educators. American Journal of Health Education, 42(4), 197–204.

Dewiyuliana, D., & Septiana, N. (2020). Pengaruh Penyebaran Informasi Covid-19 melalui Whatsapp terhadap Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 103–112.

Indra, A., Diva, Y., Sindy, M., Pratiwi, A., Violin, M., Yani, W., Danang, G. R., et al. (2020). Gambaran Karakteristik Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Risiko COVID-19 dalam Kerangka Desa Adat di Desa Gulingan, Mengwi, Bali, 9(3), 313–319.

Julia M. Alber et al. (2016). Social Media Self-Efficacy of Health Education Specialists. Health Promotion Practice, 17(6), 915–921.

Kaya, M., Birinci, Ş., Kawash, J., & Alhajj, R. (2020). Putting Social Media and Networking Data in Practice for Education, Planning, Prediction and Recommendation.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020a). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020b). Pedoman Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 di RT/RW/Desa. Jakarta, Indonesia.

Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. (2021). Peta Sebaran COVID-19. Retrieved from https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19

Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34.

Lestari, S. (2020). Sikap Warga Kampung Wisata Warna-Warni (Nani) Terhadap Pandemi COVID-19. Seminar Nasional Psikologi UM.

Miradj, S., & Sumarno, S. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Miskin, Melalui Proses Pendidikan Nonformal, Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 101.

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murphy, F. (2012). Community Engagement, Organization and Development for Public Health Practice. New York: Springer Publishing Company, LLC.

Ningrum, M. D., & Sujarwo, S. (2017). Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional dalam Pondok Komunitas Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Wonogiri. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 199–214.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

Permatananda, P. A. N. K., Cahyawati, P., Aryastuti, A., & Udiyani, D. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Daring di Desa Bukian, Bali dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19. Jurnal Peduli Masyarakat, 2, 187–196.

Putra, N. P. (2020). Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom dan Whatsapp Groupdi Era New Normal pada Warga Belajar Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insani. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 162–176.

Rahmawati et al. (2020). Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Pandemik Melalui Media Poster. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Sampurno, Muchammad Bayu Tejo., Kusumandyoko,Tri Cahyo., Islam, M. A. (2002). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat dan Pandemi COVID-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(6), 529–542.

Saugi, W., & Sumarno, S. (2015). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 226.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 6(3).

World Health Organization. (2020). Listings of WHO’s Response to COVID-19. Retrieved January 21, 2021, from https://www.who.int/news/item/29-06-2020-covidtimeline

World Health Organization. (2021a). Confirmed Cases of COVID-19 in Indonesia 2020. Retrieved January 21, 2021, from https://covid19.who.int/region/searo/country/id

World Health Organization. (2021b). WHO Coronavirus Disease (COVID-19). Retrieved from https://covid19.who.int/

Yanti, B. et al. (2020). Community Knowledge, Attitudes, and Behavior Towards Social Distancing Policy as Prevention Transmission of Covid-19 in Indonesia. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 8(1).

Zulfa, Fatia., & Kusuma, H. (2020). Upaya Program Balai Edukasi Corona Berbasis Media Komunikasi dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 2(1), 17–24.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v8i1.37730

Refbacks



Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats