Peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengelola bank sampah melalui sistem cerdas komunikasi pemasaran

Agustin Rozalena, Politeknik Piksi Ganesha, Indonesia

Abstract


Munculnya keraguan dari masyarakat dalam mengelola bank sampah di Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung sejauh ini dikarenakan masih terbatasnya pengetahuan dan pemahaman pengelolaan bank sampah secara umum. Informasi pengolahan sampah masih belum dianggap sebagai “sahabat” dalam menjaga kebersihan, lebih bermanfaat dan memiliki dampak ekonomi bagi hidup masyarakat. Salah satu alternatif dalam mendukung program penguatan bank sampah melalui peningkatan pengetahuan, pemahaman serta dukungan keterampilan di bidang komunikasi pemasaran. Bagi pengelola bank sampah, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi pemasaran dalam upaya lebih kreatif menyampaikan manfaat bank sampah dan prospek pemasaran sampah. Metoda pelaksanaan dalam mewujudkan program peningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola bank sampah melalui metode penyuluhan terintegrasi dan pelatihan secara sistematis. Hasil pengabdian menunjukkan pengelola semakin memahami dan terampil dalam menerapkan praktik komunikasi pemasaran bank sampah kepada calon nasabah. Pengelola bank sampah lebih percaya diri dalam mengemban program kebersihan dan manfaat sampah ini, sehingga harapan masyarakat yang “bersahabat” dengan sampah dan kepedulian terhadap desa berbasis ecovillage dapat terwujud.

 

Improvement of knowledge and skill of waste bank officers through marketing communication smart systems

 

Abstract

The emergence of doubts from the community in managing the waste bank in Sumbersari Village, Ciparay District, Bandung Regency so far is due to the limited knowledge and understanding of waste bank management in general. Information about waste management is not yet considered as a "friend" in maintaining cleanliness, is more useful and has an economic impact on people's lives. One alternative is to support the garbage bank strengthening program through increased knowledge, understanding and skills support in the field of marketing communication. For officers, this activity can improve marketing communication skills in a more creative effort to convey the benefits of waste banks and the prospects for waste marketing. Implementation method in realizing the program to improve the knowledge and skills of waste bank officers through integrated counselling methods and systematic training. The results of the dedication show that officers are increasingly understanding and skilled in applying the practice of marketing communications of the waste bank to prospective customers. The officers are more confident in carrying out the cleanliness program and the benefits of this waste so that the hope of people who are "friendly" to waste and concern for the village based on ecovillage can be realized.


Keywords


knowledge enhancement training; waste bank management; marketing communication; pelatihan peningkatan pengetahuan; pengelola bank sampah; sistem cerdas komunikasi pemasaran

Full Text:

Fulltext PDF

References


Amalia, R. M., Citraresmana, N., & Saefullah, E. (2018). Keefektifan promosi produk melalui public relations di Balai Dinas Perkoperasian dan Wirausaha Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1043–1046.

Asteria, D., & Heruman, H. (2016). Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di tasikmalaya. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 23(1), 136. https://doi.org/10.22146/jml.18783

Aw, S., Widiarti, P. W., & Hastasari, C. (2019). Evaluasi program pelatihan keterampilan dasar komunikasi bagi siswa di SMKN 1 Godean Sleman. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 16(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v16i1.24480

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung. (2018). Rencana kerja (Renja) 2019.

Helmi, H., Nengsih, Y. K., & Suganda, V. A. (2018). Peningkatan kepedulian lingkungan melalui pembinaan penerapan sistem 3R (reduce, reuse, recycle). JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.16861

Isti, D. N., Komar, O., & Heryanto, N. (2017). Persepsi dan partisipasi masyarakat terhadap pemanfaatan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat di Desa Kertajaya Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 52–62. https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/8733

Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia. (2011). Diseminasi dan sosialisasi keteknikan bidang PLP: Materi I bidang sampah. Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum.

Kirkpatrick, D. L. (2009). Implementing the four levels: A practical guide for effective evaluation of training programs: Easyread super large 24pt edition. Berrett-Koehler Publishers.

Komalasari, Y., Suryantari, E. P., & Martini, N. K. (2019). Pendekatan komprehensif bank sampah sebagai alternatif pengelolaan sampah. Paradharma : Jurnal Aplikasi IPTEK, 3(2), 120–128. https://doi.org/10.36002/jpd.v3i2.1047

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, Pub. L. No. 18 (2018).

Rozalena, A. (2016). Public communication model for social enterprise. Piksi International Conference on Knowledge and Sciences 2016 (2nd PICKS 2016), 1–8.

Rozalena, A., & Dewi, S. K. (2017). Manajemen pendidikan dan pelatihan bagi karyawan. Raih Asa Sukses.

Rozalena, A., & Ngare, F. (2017). Filosofi nilai-nilai budaya Sunda grup Ma’soem. Jurnal Sketsa, 4(2), 61–74. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/sketsa/article/view/3395

Rozalena, A., Sulaeman, M., Mulyati, S., & Gunawan, H. (2020). Business communication skill model based on internet of thing (IoT). Journal of Physics: Conference Series, 1477(3), 072010. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/7/072010

Sagala, R. B., & Kusumastuti, Y. I. (2017). Efektivitas strategi komunikasi pemasaran sosial kampanye sustainable seafood, WWF-Indonesia. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(1), 55. https://doi.org/10.29244/jskpm.1.1.55-64

Santoso, P. (2020). Pengembangan manajemen bank sampah “Safa Marwa” Desa Wonokromo Bantul. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1.254

Saputro, Y. E., Kismartini, K., & Syafrudin, S. (2015). Pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah. Indonesian Journal of Conservation, 4(1), 83–94. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/5162

Sartika, R. (2018). Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan PT. Jasa Raharja (Persero) Kantor Pusat Jakarta. Aktiva-Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 21–30.

Tjiptono, F. (2008). Service management mewujudkan layanan prima. Andi Offset.

Utami, E. (2013). Buku panduan sistem bank sampah dan 10 kisah sukses. Yayasan Unilever Indonesia.

Widiyanto, A. F., & Rahab, R. (2017). Community participation in bank of garbage: Explorative case study in Banyumas regency. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 30(4), 367. https://doi.org/10.20473/mkp.V30I42017.367-376




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v7i1.32647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats