Model GELPITAS (gerak & lagu, picture & picture, talking stick) untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak taman kanak-kanak

Ratna Purwanti, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Suhaimi Suhaimi, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi dan aktivitas siswa serta hasil perkembangan bahasa inggris anak dengan menggunakan Gelpitas, karena pentingnya Bahasa Inggris untuk anak usia dini di masa emas agar dapat bersaing di dunia global ketika mereka beranjak dewasa nanti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam empat pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi anak meningkat dan aktivitas anak secara klasikal dengan kategori sangat aktif. Hasil kemampuan anak mencapai ketuntasan klasikal dengan berkembang sangat baik dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa melalui Gelpitas (gerak dan lagu, model picture and picture, model Talking Stick) dapat meningkatkan kemampuan anak dalam perkembangan bahasa (Bahasa Inggris) pada anak Kelompok B Taman Kanak-kanak.

 

GELPITAS model (gerak & lagu, picture &picture, talking stick) to improve development English early childhood

 

Abstract

The purpose of this research is to describe student motivation and activities, the results of students' English development using Gelpitas, because of the importance of English for early childhood in the golden age to be able to compete in the global world when they grow up later. This study uses a qualitative approach to the type of research that is Classroom Action Research (CAR) in four meetings. The result shows that children motivation increases and the classical activities of children with a very active category. The results of children's ability to achieve classical completeness by developing very well and have met the indicators of success. It can be concluded that through Gelpitas (motion and song, picture and picture model, Talking Stick model) can improve children's ability in language development (English) in Group B Kindergarten children.


Keywords


Gerak dan lagu; Picture and picture; Talking Stick; Bahasa Inggris; anak taman kanak-kanak; GELPITAS

Full Text:

Fulltext PDF

References


Albaladejo, S., Coyle, Y., Larios, J.R. (2018). Songs, stories, and vocabulary acquisition in preschool learners of English as a foreign language. Volume 76, August 2018, Pages 116-128, https://doi.org/10.1016/j.system.2018.05.002.

Aslamiah, A., Purwanti, R., Ngadimun,N., Noorhapizah, N., Suriansyah,A., Amelia, R. (2020). Learning English using "Damprak" game in early childhood education, Banjarmasin South Kalimantan Indonesia. EDULEARN20 Proceedings, pp. 928-935.

Dirjen PAUD, (2015). Penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. direktorat pembinaan pendidikan anak usia dini. Kemendikbud.

Fadlillah, M. (2012). Desain pembelajaran PAUD, panduan untuk pendidik, mahasiswa, dan pengelola pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gulo, N. E., Fadillah, F., & Yuniar, D. (2012). Peningkatan Pembelajaran Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Bernyanyi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3).

Gusrayani, D. (2014). Teaching english to young learners:(Sebuah telaah konsep mengajar bahasa inggris kepada anak-anak). UPI Press.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena.

Millington, N. T. (2011). Using songs effectively to teach English to young learners. Language Education in Asia, 2(1), 134-141.

Mulyasa, H., E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muthiah, D. (2010). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Oktaviana, N., & Wuryandani, W. (2019). Pengembangan media big book untuk meningkatkan perilaku moral anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 32-40. doi:https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23371

Paquette, K. R., & Rieg, S. A. (2008). Using music to support the literacy development of young English language learners. Early Childhood Education Journal, 36(3), 227-232. https://doi.org/10.1007/s10643-008-0277-9.

Rachmi, T., Yusrafiddin., Purnomo, E., Sopandi, Agus T., Djatmiko, Tedjo. (2008). Ketrampilan musik & tari. Jakarta: Universitas Terbuka.

Saleh, S., & Sugito, S. (2015). Implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Barunawati. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 85-93. doi:https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4845

Seeteldt, C. B. (2008). Pendidikan anak usia dini (menyiapkan anak usia tiga, empat dan lima tahun masuk sekolah). Jakarta: PT Indeks.

Shen, C. (2009). Using English songs: An enjoyable and effective approach to Elt. English language teaching, 2(1), 88-94. https://doi.org/10.5539/elt.v2n1p88.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajarn inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sujiyono, Y.N. (2012). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks.

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini (konsep dan teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suyadi, S., & Ulfah, M. (2013). Konsep dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyanto, K. K. (2007). English for young learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Syafei, A. F. R. (2016). Teaching English to Indonesian young learners. Jakarta: Kencana.

Wahyudin, U., & Agustin, M. (2012). Penilaian perkembangan anak usia dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Zubaidah, E. (2015). Perkembangan bahasa anak usia dini dan teknik pengembangan di sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). doi:https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7600




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v7i2.30204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats