Pemberdayaan masyarakat kawasan industri pertambangan melalui penyelenggaraan program paket C

Muhammad Ali Salman, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Entoh Tohani, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan dan hasil dari penyelenggaraan program paket C dalam upaya memberdayakan masyarakat kawasan industri pertambangan batubara di Kampung Tumbit Dayak. Jenis Penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari, wawancara, observasi dan analisis dokumen. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Tehnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan: Diselenggarakan sesuai syarat proses pembelajaran paket C yang disusun oleh pemerintah berdasarkan Undang-Undang No 3 Tahun 2008, RPP di Implementasikan sesuai rancangan awal, kurikulum bersifat situasional (masih menggunakan KTSP) karena belum ada sosialisasi terkait kurikulum baru, terjadi interaksi yang baik antara tutor dan peserta didik (terjadi komunikasi dua arah antara tutor dan peserta didik, peserta didik aktif untuk bertanya), sarana dan prasarana sesuai kebutuhan dan mendukung proses pembelajaran, (2). Hasil program; Terjadi perubahan pada sikap peserta didik (disiplin dan percaya diri), Peserta didik yang mengikuti peraturan dan prosedur PKBM dapat lulus dan memperoleh ijazah lalu bekerja di perusahaan (PT.PAMA), peserta didik mampu memenuhi kebutuhan pokok untuk diri sendiri dan juga memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

 

Community empowerment of mining industry areas through certification of package C programs

 

Abstract

The research objective was to determine the implementation and results of the implementation of the package C program in an effort to empower the community of the coal mining industry in Tumbit Dayak Village. This type of research is a qualitative descriptive study. Data sources were obtained from, interviews, observation and document analysis. Data analysis techniques using data reduction, data display and data verification. Technique of data validity using source triangulation. The results showed that: (1) implementation: Organized according to the implementation requirements of package C compiled by the government based on Law No. 3 of 2008, the RPP was implemented according to the initial design, the curriculum was situational (still using KTSP) because there was no socialization regarding the latest curriculum , there is good interaction between tutors and students (there are two-way communication between tutors and students, active students to ask questions), facilities and infrastructure as needed and support the learning process, (2). Program results; There is a change in the attitude of students (discipline and self-confidence), Students who follow the rules and procedures of PKBM have passed and obtained a diploma and work in a company (PT. PAMA), students are able to meet basic needs for themselves and also fulfill basic needs family.


Keywords


Program paket C; PKBM; Pemberdayaan Masyarakat; Package C program, PKBM; Community Empowerment

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Aedi, N. (2016). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Berau. (2016a). Angka partisipasi sekolah. Retrieved from https://beraukab.bps.go.id/

Badan Pusat Statistik Kabupaten Berau. (2016b). Jumlah penduduk Kampung Tumbit Dayak. Retrieved from https://beraukab.bps.go.id/

Ernawati, E., & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen pembelajaran program paket C di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915

Firdausya, Z. (2016). Efektivitas program kesetaraan kelompok belajar Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat 11 Manggarai tahun 2015. Jurnal Risenologi, 1(1), 35–46. Retrieved from http://ejurnal.kpmunj.org/index.php/risenologi/article/view/23

Haruna, C. N. (2018). Efektivitas program pendidikan kesetaraan Paket B dan C oleh pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Cendikia di Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(3), 53–63. https://doi.org/10.25147/moderat.v4i3.1693

Kaniati, R., & Kusmayadi, D. (2013). Upaya tutor dalam menerapkan pendekatan pembelajaran mandiri pada warga belajar Paket C di PKBM Pelita Pratama Bandung. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.22460/empowerment.v2i2p1-12.593

Katang, F. M., Rumapea, P., & Lumolos, J. (2016). Implementasi kebijakan penyelenggara pendidikan kesetaraan program Paket C di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Society, 2(20). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/12426

Kirana, N. K. P. (2018). Implementasi program pendidikan kesetaraan Paket C di sanggar kegiatan belajar (SKB) Kabupaten Sleman. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 7(5), 515–526. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pls/article/view/12137

Kurniawati, M. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan program kejar paket. In Conference on Management and Behavioral Studies (pp. 128–137). Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2012). Pemberdayaan masyarakat dalam perspektif kebijakan publik. Bandung: Alfabeta.

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 3 tahun 2008 tentang standar proses pendidikan kesetaraan program paket A, program paket B, dan program paket C, Pub. L. No. 3 (2008). Indonesia.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Los Angeles: Sage.

Mulia, W. O., & Solfema, S. (2019). Gambaran keefektifan komunikasi tutor terhadap warga belajar program kesetaraan Paket C. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(2), 214–222. https://doi.org/10.5281/10.5281/zenodo.3201768

Nengsih, Y. K., Sari, A., & Helmi, H. (2018). Pengelolaan pembelajaran program paket C pada pusat kegiatan belajar masyarakat dan sanggar kegiatan belajar di Kota Palembang. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 51–60. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.16936

Oktiwanti, L., Danial, A., & Syaefuddin, H. (2017). Model pengembangan kemitraan pendidikan non formal dan informal dengan corporate social responsibility (CSR) dalam memberdayakan masyarakat. Jendela PLS, 1(1), 40–51. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/131

Prasetyo, G. B. (2015). Partisipasi sosial masyarakat dalam upaya pembangunan pariwisata desa bahasa (Studi di Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang). Jurnal Pendidikan Sosiologi . Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/societas/article/viewFile/3773/3575

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003). Indonesia.

Sopandi, A. (2002). Strategi pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan industri. Paradigma: Jurnal Ilmu Pengetahuan Agama, Dan Budaya, 3(2), 13–21. Retrieved from Paradigma: Jurnal Ilmu Pengetahuan Agama, dan Budaya

Subali, B. (2016). Prinsip asesmen dan evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suhaenah, E. (2016). Implikasi pendidikan kesetaraan paket C terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di SKB kota Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (e-Plus), 1(1). https://doi.org/10.30870/e-plus.v1i1.1186

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tohani, E. (2009). Evaluasi pelaksanaan program pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dalam konteks pemberdayaan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v0i0.4618

Umar, M., & Redjeki, E. S. (2018). Pendekatan humanistik dalam proses pembelajaran program pendidikan kesetaraan Paket C. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(2), 70–77. https://doi.org/10.17977/um041v13i2p70-77

Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1). Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/1306

Yefni, Y. (2018). Analisi model pemberdayaan masyarakat. Madani: Jurnal Kajian Islam Dan Pengembangan Masyarakat, 3(2). Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jmm/article/view/6362




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v6i2.23626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats