Pengaruh pelaksanaan pelatihan developmentally appropriate practice terhadap peningkatan kompetensi pedagogik pendidik PAUD

Fitri Pertiwi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ishak Abdulhak, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Viena Rusmiati Hasanah, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pelatihan Developmentally Appropriate Practice (DAP) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik pendidik PAUD. Penelitian ini menggunakan metode ex post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan studi dokumentasi. Pengaruh pelaksanaan pelatihan Developmentally Appropriate Practice (DAP) diidentifikasi melalui perbandingan rata-rata antara data pre-test dan data post-test. Angket juga dikumpulkan lalu dianalisis untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pelatihan Developmentally Appropriate Practice (DAP) dan gambaran kompetensi pedagogik pendidik PAUD setelah mengikuti pelatihan Developmentally Appropriate Practice (DAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelaksanaan pelatihan Developmentally Appropriate Practice (DAP), rata-rata kompetensi pedagogik pendidik PAUD menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelaksanaan pelatihan Developmentally Appropriate Practice (DAP), atau dengan kata lain pelaksanaan pelatihan Developmentally Appropriate Practice (DAP) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kompetensi pedagogik pendidik PAUD.

 

The influence of developmentally appropriate practice training program on improving early childhood education teachers’ pedagogical competence

 

Abstract

This study aims to investigate the influence of the Developmentally Appropriate Practice (DAP) training program on improving preschool teachers’ pedagogical competence. The study used quantitative approach with ex post-facto as its method. The data are collected by using questionnaires and documentation study. The influence of the Developmentally Appropriate Practice (DAP) training program is identified through a comparison of the average mean score between pre-test and post-test. Questionnaires was also collected and analyzed to find out the process of Developmentally Appropriate Practice (DAP) training program and also to know the preschool teachers’ pedagogical competence after joining the Developmentally Appropriate Practice (DAP) training program. The findings revealed that after joining the Developmentally Appropriate Practice (DAP) training program, the average level of the teachers’ pedagogical competence improves. In other words, the Developmentally Appropriate Practice (DAP) training program has a significant influence on improving the preschool teachers’ pedagogical competence.


Keywords


pelatihan Developmentally Appropriate Practice (DAP); kompetensi pedagogik; pendidik PAUD; Developmentally Appropriate Practice (DAP) training program; pedagogical competence; early childhood education teachers

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Davies, E. (2005). Buku wajib bagi para manajer bagaimana menyelenggarakan training. Jakarta: PT. Gramedia.

Fauzi, I. K. A. (2011). Mengelola pelatihan partisipatif. Bandung: Alfabeta.

Gestwicki, C. (2013). Developmentally appropriate practice: Curriculum and development in early education. Cengage Learning.

Lidinillah, D. A. M. (2012). Developmentally appropriate practice (DAP): penerapannya pada program pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar. Retrived from http://file. upi. edu/Direktori/KD-TASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_ (KD-TASIKMALAYA)-197901132005011003/132313548.

Mustafah, J. (2011). Peningkatan kompetensi guru: melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Jakarta: Kencana.

Sudarma, M. (2013). Profesi guru: dipuji, dikritisi, dan dicaci. PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana, D. (2007). Sistem dan manajemen pelatihan teori dan aplikasi. Bandung: Falah Production.

Syamsidar, S. (2014). Peranan pendidikan dalam memerangi keterbelakangan. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 1(1).

Presiden Republik Indonesia. Peraturan pemerintah Republik Indonesia no 19 th 2005 tentang standar nasional pendidikan, Pub. L. No. 19, Peraturan pemerintah Republik Indonesia 1 (2005).

Presiden Republik Indonesia. Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen (2005). 14. Retrieved from http://www.sjdih.depkeu.go.id/fullText/2005/14TAHUN2005UU.htm

Purwanto, N. A. (2006). Kontribusi Pendidikan Bagi Pembangunan Ekonomi Negara. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2).

Wibowo, D. (2009). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru SD Negeri Kec. Kersana Kab. Brebes. Thesis. Universitas Negeri Semarang.

Wijana, W. D., Rama, S., Siyantayani, Y., Suminah, E., & Nurmiati, M. W. (2008). Kurikulum pendidikan anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zustiyantoro, D. (2012). Guru bersertifikat wajib uji kompetensi. Universitas Negeri Semarang. Retrived from http://unnes.ac.id/berita/guru-bersertifikat-wajib-uji-kompetensi/.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.20124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats