Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-modul berbasis Pendekatan STEM dengan Scaffolding untuk Mendukung Pembelajaran Hybrid Learning di SMA

Bella Chantika Putri, Universitas Jambi, Indonesia
Menza Hendri, Universitas Jambi, Indonesia
Dian Pertiwi Rasmi, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru terhadap salah satu pengembangan media pembelajaran berupa e-modul yang berbasis pendekatan STEM dengan scaffolding yang berbantuan sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dengan pembelajaran yang dilakukan hybrid learning saat ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui pertanyaan wawancara yang diajukan kepada guru. Dari hasil wawancara yang dilakukan didapatkan hasil bahwa belum tersedianya bentuk bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa pada pembelajaran hybrid learning. Perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa e-modul. E-modul yang dikembangkan berbasis pendekatan STEM.Selain itu terdapat pula bantuan scaffolding yang dapat memudahkan peserta didik ketika belajar mandiri baik di rumah maupun di sekolah, karena pembelajaran saat ini dilaksanakan secara hybrid learning . Sehingga peneliti akan melakukan pengembangan E-modul berbasis pendekatan STEM dengan Scaffolding untuk mendukung pembelajaran hybrid learning .

Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Hybrid Learning, E-Modul, STEM, Scaffolding


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.45002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bella Chantika Putri, Menza Hendri, Dian Pertiwi Rasmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo