Penerapan Soal Programme for International Student Assessment (PISA) Konteks Virus Corona

F. Intan Turyana, Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Indonesia
Chika Rahayu, Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika model Programme for International Student Assessment (PISA) dalam konteks virus Corona di SMP Xaverius Pagaralam. Metode penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan desain one shot-case study. Metode ini merupakan eksperimen yang dilakukan tanpa adanya kelompok pembanding. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Xaverius Pagar Alam yang terdiri dari 30 siswa yaitu 13 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil penelitian ini tergolong baik yang dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,66 dan termasuk kategori baik. Adapun siswa yang mendapat nilai sangat baik berada dalam rentang 86-100 yaitu sebanyak 2 siswa dengan persentase 6,66%. Siswa yang tergolong baik berada pada rentang 76-85 yaitu sebanyak 9 siswa dengan persentase 30,00% dan cukup berada pada rentang 56-75 yaitu sebanyak 17 siswa dengan persentase 56,66%. Terdapat 2 siswa mendapat kategori kurang yang berada pada rentang 10-55 dengan persentase 6,66%.


Keywords


soal PISA; virus Corona; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Bidasari, F. (2017). Pengembangan soal matematika model PISA pada konten quantity untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 63-77.

Charmila, N., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198-207.

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. Al-Manar, 8(2), 37-64.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem-based instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389-398.

Hidayat, W. (2017). Adversity quotient dan penalaran kreatif matematis siswa sma dalam pembelajaran argument driven inquiry pada materi turunan fungsi. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28.

Johar, R. (2012). Domain soal PISA untuk literasi matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30-38.

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145-155.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87-97.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71-83.

Pakpahan, R. (2016). Faktor-faktor yang memengaruhi capaian literasi matematika siswa Indonesia dalam PISA 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 331-348.

Prastyawati, M., Fauziah, M., Ernyasih, E., Romdhona, N., & Herdiansyah, D. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pencegahan COVID-19 mahasiswa FKM UMJ pada pandemi COVID-19 tahun 2020. An-Nur: Jurnal Kajian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 173-184.

Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA level 4, 5, 6 menggunakan konteks Lampung. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 10-16.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003.

Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis kualitas soal ujian matematika semester genap kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Numeracy, 4(1), 37-47.

Sari, E. F. P. (2015). Pengembangan soal matematika model PISA untuk mengetahui argumentasi siswa di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 124-147.

Setiyawan, R. A., & Wijayanti, P. S. (2020). Analisis kualitas instrumen untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa selama pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 130-139.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi pembentukan aturan terkait pencegahan COVID-19 di Indonesia. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 59-70.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.34648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo