Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan Pertidaksamaan Dua Variabel melalui Model Visualization Auditory and Kinesthetic (VAK)

Aryanti Nurhasanah, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
Slamet Soro, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
Rizki Dwi Siswanto, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas X-MIPA 3 SMAN 94 Jakarta. Subjek penelitian berjumlah 36 peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pra-siklus diambil dari nilai ulangan harian tentang persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak, dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 58,14. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik, terlihat dari rata-rata nilai 64 pada siklus I dan 79,94 pada siklus II serta peningkatan persentase peserta didik yang lulus kriteria ketuntasan minimal (KKM) 19,43 % pada pra-siklus, 38,89% pada siklus I, dan 75% pada siklus II.


Keywords


hasil belajar matematika, nilai mutlak, visualization auditory, kinesthetic

Full Text:

PDF

References


Apipah, S., & Kartono, K. (2017). Analisis kemampuan koneksi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada model pembelajaran VAK dengan self-assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 148-156.

Baharuddin, I. (2014). Efektivitas penggunaan media video tutorial sebagai pendukung pembelajaran matematika terhadap minat dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 89-95.

Faturahman, H. (2015). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan pendekatan visual–auditori–kinestetik (VAK). Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 57-63.

Gholami, S., & Bagheri, M. S. (2013). Relationship between VAK learning styles and problem-solving styles regarding gender and students' fields of study. Journal of Language Teaching and Research, 4(4), 700-709.

Lewin, K. (1946). Action research and minority problems. Journal of Social Issues, 2(4), 34-46.

Rahmawati, D., Nugroho, S. E., & Putra, N. M. D. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbasis eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(1), 76-83.

Riznani, Y., Halim, A., & Marwan, A. R. (2016). Dampak penggunaan model quantum teaching tipe VAK (visual, auditori, kinestetik) terhadap retensi mengingat konsep fisika siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(4), 277-283.

Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sumarsono, S. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika bangun ruang sisi datar materi kubus dan balok melalui pendekatan akik pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 6 Rembang semester II tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Didaktika PGRI, 4(1), 35-43.

Suryadin, S., Merta, I. W., & Kusmiyati, K. (2017). Pengaruh model pembelajaran visual auditorial kinestetik (VAK) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gunungsari tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pijar MIPA, 12(1), 89-97.

Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran visual, auditory, dan kinestetik terhadap keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175-190.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.27439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo