Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif GI Berbantuan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Fisika SMA

Cintia Agnes Sinaga, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Makmur Sirait, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar fisika SMA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest kelas eksperimen 39,00 dan kelas kontrol 43,38. Berdasarkan analisis uji-t dua pihak diperoleh thitung = 1,70dan ttabel = 1,998. Hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama setelah diberikan perlakuan yang berbeda dilakukan posttest dengan nilai rata-rata eksperimen 73,90 dan kelas kontrol 66,47analisis uji-t satu pihak menunjukkan thitung = 2,75dan ttabel =1,669. Hal ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar fisika SMA.


Keywords


hasil belajar, kooperatif tipe GI, momentum dan impuls

Full Text:

PDF

References


Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan penguasaan konsep biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan guided inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 19-23.

Akly, N., & Halimah, A. (2015). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 52-57.

Arends, R. I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk mengajar. Pustaka Pelajar.

Harahap, R. A., & Derlina, D. (2017). Pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan metode know-want-learn (KWL): Dampak terhadap hasil belajar fluida dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Birunii, 6(2), 149-158.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of teaching: Model-model pengajaran. Pustaka pelajar.

Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2010). Merlin C. Wittrock and the revision of Bloom's taxonomy. Educational Psychologist, 45(1), 64-65.

Linuhung, N., & Sudarman, S. W. (2016). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa MTs. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 52-60.

Maulina, I., Kusuma, H. H., & Faqih, M. I. (2021). Pengembangan ensiklopedia alat ukur fisika sebagai sumber belajar untuk siswa SMP/MTs. Physics Education Research Journal, 3(1), 53-64.

Musa, M. I. (2016). Pengembangan kompetensi guru terhadap pelaksanaan tugas dalam mewujudkan tenaga guru yang profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 19-26.

Nadirman, N. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menghitung luas segi banyak di kelas VI SDN. No. 028/XI Tanjung tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(2), 317-327.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.

Ratnaningsih, C. (2020). Model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 18-27.

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media Group.

Slavin, R. E. (1983). When does cooperative learning increase student achievement?. Psychological Bulletin, 94(3), 429-436.

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan interdepedensi sosial sebagai landasan teori dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif di sekolah dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 231-239.

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil belajar siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20-31.

Sudjana, N. (2005). Metode statistika edisi keenam. PT. Tarsito.

Tristaningrat, M. A. N. (2018). Analisis konflik pendidikan sebagai evaluasi standar proses dan standar penilaian berdasarkan Kurikulum 2013. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 1(2), 54-60.

Widiawati, S., Hikmawati, W., & Wahyudi, W. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 40-48.

Zulhartati, S. (2011). Pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPS. Guru Membangun, 26(2), 23-29.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.26102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo