Pengaruh Sikap Gemar Membaca dan Program Literasi terhadap Hasil Belajar IPA Fisika

Ayudiah Angelia Siahaan, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh serta hubungan antara sikap gemar membaca dan program literasi terhadap hasil belajar IPA Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitattif dengan metode penelitian korelasi. Sampel penelitian ini adalah siswa/siswi SMP Negeri 9 Kota Jambi kelas VII-C dan VII-E dengan total jumlah adalah 60 orang. Teknik yang digunakan adalah cluster random sampling. Untuk mendapatkan data yang baik, maka dilakukan teknik analisis data dengan menggunakan 2 aplikasi yaitu Microsoft Excel dan SPSS versi 25. Bentuk uji yang dilakukan untuk data angket dan soal adalah uji normalits dan uji korelasi. Hasil yang diperoleh adalah sikap gemar membaca mempengaruhi hasil belajar IPA Fisika dan keduanya memiliki hubungan dan pelaksanaan program literasi mempengaruhi gemar membaca siswa dan hasil belajar IPA SMP.


Keywords


gemar membaca; literasi; hasil belajar IPA fisika

Full Text:

PDF

References


Andiasari, L. (2015). Penggunaan model inquiry dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 8-17.

Fitriyani, S., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model learning cycle pada materi sumber daya alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN I Depok Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 511-520.

Faradina, N. (2017). Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 7(1), 18-24.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Siagian, H., & Irwan S. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran genius learning terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 18-26.

Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123.

Toenlioe, A. J. (2014). Teori dan Filsafat pendidikan. Gunung Samudera.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.

Yusuf, M. (2017). Metode penelitian kuantitatif. kualitatif, dan penelitian gabungan. Prenadamedia Group.

Wagiran. (2013). Metodologi penelitian pendidikan teori dan implementasi. Depublish.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.25212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo