Pengaruh Think Talk Write Berbasis Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Biologi

Yance Riyati, Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia
Yakobus Bustami, Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia
Hendrikus Julung, Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diperlukan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis kartu bergambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII. Pendekatan penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Ketungau Tengah terdiri dari 41 siswa. Sampel adalah kelas VIIIA berjumlah 22 siswa untuk kelas eksperimen dan kelas VIIIB berjumlah 19 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen berupa soal esai sebanyak 5 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji t-test. Hasil analisis deskriptif pada kelas eksperimen menunjukkan terjadi peningkatan nilai rerata kemampuan berpikir kritis siswa dari pretest ke posttest sebesar 32.32% dan kelas kontrol sebesar 15.00%. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (p: 0,000<0.05). Nilai rerata  kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TTW berbasis kartu bergambar lebih mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.


Keywords


kartu bergambar, berpikir kritis, sistem pencernaan manusia, think talk write

Full Text:

PDF

References


Adnyana, G. P. (2012). Keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa pada model siklus belajar hipotetis deduktif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3), 18-26.

Ahmatika, D. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery. Euclid, 3(1), 182-190.

Ariyati, E. (2010). Pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA, 1(2), 2-5.

Azizah, S. N., & Wahyudi, W. (2018). Penerapan model TTW berbasis saintifik untuk meningkatkan hasil belajar tema kebersamaan siswa kelas II. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 160-171.

Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan hasil belajar kognitif melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) tema perkalian dan pembagian pecahan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 108-118.

Fakhriyah, F., Roysa, M., & Faturrohman, I. (2014). Pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup organisme dilihat dari tingkat kemandirian belajar siswa di SD 5 Dersalam Kudus. Jurnal Sosial Budaya, 7(1), 39-44.

Fatmawati, H., Mardiyana, M., & Triyanto, T. (2014). Analisis berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan Polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat (penelitian pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen tahun pelajaran 2013/2014). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9), 190-197.

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas media flash cards dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167-182.

Gunawan, I. W., Dibia, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2016). Penerapan model think talk write untuk meningkatkan kemampuan beimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1-12.

Huda, M. (2015). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Belajar.

Laely, K. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media kartu gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 300-319.

Lesmana, I., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Penerapan TTW (Think, Talk, Write) dengan roda matika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 789-802.

Luzyawati, L. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA materi alat indera melalui model pembelajaran inquiry pictorial riddle. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 9-21.

Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51-60.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.

Rohmatin, D. N. (2014). Penerapan model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Gamatika, 5(1), 198-205.

Rosida, R., Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2017). Efektivitas penggunaan bahan ajar e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 79-86.

Sari, I. P., Yushardi, Y., & Subiki, S. (2015). Penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan media kartu bergambar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika SMK Negeri di kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 268-273.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan ADDIE model. Jurnal Ika, 11(1), 190-198.

Umayah, S., Haryani, S., & Sumarni, W. (2013). Pengembangan kartu bergambar tiga dimensi sebagai media diskusi kelompok pada pembelajaran IPA terpadu tema kehidupan. Unnes Science Education Journal, 2(2), 167-173.

Wulandari, W. T., & Mundilarto, M. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament berbasis local wisdom kabupaten Purworejo. Cakrawala Pendidikan, 1(3), 82-90.

Zabeta, M., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2015). Desain pembelajaran materi pecahan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 86-99.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.22269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo