Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial

Emerensiana Nona Ana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Toto Nusantara, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Muallimin Wonodadi yang berjumlah 28 orang pada semester ganjil Tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial antara lain: siswa masih kesulitan dalam memahami soal, siswa kesulitan dalam menentukan rumus untuk menyelesaikan soal aritmatika sosial, dan siswa kesulitan dalam melakukan operasi hitung dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tersebut.

Keywords


aritmatika sosial. kesulitan siswa

Full Text:

PDF

References


Bosch, M., Hausberger, T., Hochmuth, R., Kondratieva, M., & Winsløw, C. (2021). External didactic transposition in undergraduate mathematics. International Journal of Research in Undergraduate Mathematics Education, 9(1), 1-23. https://doi.org/10.1007/s40753-020-00132-7

Carrillo-Yañez, J., Climent, N., Montes, M., Contreras, L. C., Flores-Medrano, E., Escudero-Ávila, D., & Muñoz-Catalán, M. C. (2018). The mathematics teacher's specialised knowledge (MTSK) model. Research in Mathematics Education, 20(3), 236-253. https://doi.org/10.1080/14794802.2018.1479981

Choirudin, C. (2021). Development of local wisdom-based learning media with Prezi applications in social arithmetic. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 23-34.

Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata 2013, 1(1), 78-86.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Mutflu, Y., & Akgün, L. (2019). Using Computer for developing arithmetical skills of students with mathematics learning difficulties. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 237-251.

Ningsih, F., Murni, A., & Roza, Y. (2020). Development of learning tools with the application of learning inventions to improve mathematical problem-solving ability social arithmetic material. Journal of Educational Sciences, 4(1), 44-52. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.44-52.

Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di smp. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 17-26.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakansoal cerita matematika materi aritmatika sosial ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Metro tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 165-190.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.19655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo