Desain dan Pengembangan Video Pembelajaran Gerak Parabola Sebagai Fasilitas Remediasi Siswa

Rian Priyadi, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sentot Kusairi, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Nora Indrasari, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Ketuntasan belajar siswa dan remediasinya merupakan salah satu masalah penting dalam pembelajaran fisika. Penelitian bertujuan mengembangkan video remediasi pada materi gerak parabola. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop and Disseminate) oleh Tiagarajan (1974). Draft video pembelajaran gerak parabola yang dikembangkan divalidasi dan di uji persepsi responden. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa video pembelajaran layak untuk diuji coba. Dari hasil validasi dan uji coba kepada responden (N = 27), diperoleh hasil bahwa video sangat praktis dan layak digunakan. Penelitian berikutnya diharapkan dapat melakukan uji efektivitas penggunaan video pembelajaran, dan mengembangkan video pembelajaran pada materi lainnya sehingga banyak tersedia video pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa dalam remediasi belajar fisika.

 

Design and Development of Parabolic Motion Learning Videos as a Student Remediation Facility

 

Abstract

Student learning completeness and remediation are the important problems in physics learning. The study aimed to develop remediation video on parabolic motion. This development uses the 4D models (Define, Design, Develop and Disseminate) by Tiagarajan et al (1974). The developed parabolic motion learning video draft was validated and tested by respondents' perceptions. Expert validation results show that learning videos are worth a try. From the results of validation and testing to the respondents (N = 27), the results obtained that the video is very practical and feasible to use.It is expected that further research can test the effectiveness in using learning video and develop learning video in other materials so that many videos are available to be used by students in physics remediation program.

Keyword: Learning Video, Parabolic Motion, Physics


Keywords


Video Pembelajaran, Gerak Parabola, Fisika

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Abdillah, M. S., & Kustijono, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Simulasi Game Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola Untuk Mendukung Ketuntasan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 5(2), 17–20. Abror, A. R. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya. Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo. Başer, M. (2006). Effect of Conceptual Change Oriented Instruction on Remediation of Students’ Misconceptions Related to Heat and Temperature Concepts. Journal of Maltese Education Research, 4(1), 64–79. Retrieved from www.educ.um.edu.mt/jmer Cakiroglu, U., & Yilmaz, H. (2017). Using Videos and 3D Animations for Conceptual Learning in Basic Computer Units. Contemporary Educational Technology, 8(4), 390–405. Retrieved from http://dergipark.gov.tr/cet/issue/31586/346271 Dale, E. (1969). Audio-visual Methods in Teaching. New York: Dryden Press. Dick, W., & Carey. (2006). The Systematic design of Instruction. New Jersey Columbus: Pearson Education. Dwi, I. M., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 8–17. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI Erniwati, Eso, R., & Rahmia, S. (2014). Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video dalam Pembelajaran IPA-Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Perubahannya. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 10(3), 269–273. Fahmi, Y., Diantoro, M., & Kusairi, S. (2015). Development of Diagnostic and Remedial Program-Based Interactive Multimedia to Reduce Student’s Misconceptions on Geometric Optics. In Proceedings International Conference on Mathematics, Sciences and Education (pp. 164–173). Lombok Island: University of Mataram. Fathurrohman, & Sutikno. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama. Handhika, J., Kurniadi, E., & Muda, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Dugaan Miskonsepsi Pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 8–13. Hendarto, Sunyoto, & Aryadi, W. (2012). Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Prestasi belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kompetensi Sistem Starter. Automotive Science and Education Journal, 1(1), 38–43. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej Karim, S., & Saepuzaman, D. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika Dalam Memahami Konsep Gerak Parabola. In Prosiding Seminar Fisika (Vol. V, pp. 51–56). https://doi.org/10.21009/0305010409 Kemendikbud. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2017. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Marsandi, Kusairi, S., & Suwono, H. (2016). Pengembangan Video Remediasi Sebagai Tindak Lanjut Feedback Asesmen Formatif Pada Materi Cahaya dan Alat Optik. EDUSAINS, 4(2), 122–135. Masbur. (2012). Remadial Teaching sebagai suatu solusi: suatu analisis teoritis. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XII(2), 348–367. Mudau, A. V. (2014). Pragmatic Review of Literature Associated with Projectile Motion Perceived as Difficult to Teach by Some South African Teachers. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(8), 441–445. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n8p441 Nery, R. S., Zulkardi, & Kesumawati, Ni. (2013). Pengembangan Multimedia Pada Pokok Bahasan Program Linear yang Menggunakan Metode Simpleks. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 108–116. Patel, D. N. (2013). Remedial Teaching Using CAI Programme for the Unit Chemistry in Everyday Life of 12 th Science Chemistry. International Journal for Research in Education, 2(4), 32–35. Prescott, A., & Mitchelmore, M. (2005). Teaching Projectile Motion To Eliminate Misconceptions. In Proceedings of the 29th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 4, pp. 97–104). Melbourne: PME. Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194 Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Schunk, D. H. (1996). Learning Theories. Printice Hall Inc., New Jersey (6th ed., Vol. 53). Boston: Pearson Education. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Sianipar, M., Rusdi, M., & Suratno. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Program Remedial Dengan Menggunakan Model Formatif-Sumatif Pada Pelajaran Matematika Kelas V. Tekno-Pedagogi, 3(2), 64–76. Silberman, L. M. (2013). Active Learning: 101 Cara Peserta didik Belajar Aktif. Bandung: Nusa Media. Skinner, B. F. (1984). The shame of American education. American Psychologist, 39(9), 947–954. https://doi.org/10.1037/0003-066X.39.9.947 Slamet. (2015). Pembelajaran Remedial Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa. An-Nuha, 2(1), 97–117. Sudjana, N., & Rivai, A. (1990). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Syamsudin, A. M. (2005). Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarja. Tiagarajan, S., Sammel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children; A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: University of Minnesota. Vosniadou, S. (1994). Capturing and Modelling the Process of Conceptional Change. Learning and Instruction, 4(1), 45–69. Zakaria, Hadiarti, D., & Fadhilah, R. (2017). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis CBT dengan Software iSpring QuizMaker pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 178–183.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rian Priyadi, Sentot Kusairi, Nora Indrasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo