Pembelajaran Kimia Terintegrasi Kemampuan Generik Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Calon Guru

Sudarmin Sudarmin, Jurusan Kimia FMIPA Unnes, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran kimia (MPK) terintegrasi kemampuan generik sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir calon guru kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. (R&D). Objek penelitianya adalah matakuliah Kimia Dasar I, Dasar Pemisahan Analitik, serta Kimia Organik I. MPK dilakukan melalui validasi pakar, uji coba empiris, revisi, sehingga hasil akhir tersusunnya MPK aplikatif siap diterapkan untuk pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan MPK terintegrasi kemampuan generik sains mampu (a) meningkatkan kemampuan berpikir calon guru kimia sampai pada tingkat capaian kategori sedang, (b) meningkatkan penguasaan konsep kimia calon guru kimia sampai pada harga N-gain sedang untuk Kimia Dasar I dan Kimia Organik I, sedangkan matakuliah Dasar Pemisahan Analitik termasuk kategori rendah, (c) memperoleh tanggapan positif calon guru, terutama MPK yang dikembangkan dapat mengajak calon guru terlibat aktif selama pembelajaran.

Kata kunci: model pembelajaran kimia (MPK), kemampuan berpikir, kemampuan generik sains


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo