Keefektifan metode eksperimen terhadap keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP

Anik Purwanti, SMP N 2 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen ditinjau dari keterampilan proses dan hasil belajar IPA, dan (2) mengetahui perbedaan keefektifan antara pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dengan demonstrasi ditinjau dari keterampilan proses dan hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Diponegoro Depok Sleman pada tahun ajaran 2013/2014. Sampelnya adalah satu kelompok eksperimen yang proses pembelajarannya menggunakan metode eksperimen dan satu kelompok kontrol yang proses pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk hasil belajar sedangkan untuk keterampilan proses diambil dari data kemampuan awal dan kemampuan akhir yang merupakan hasil observasi pada LKS. Untuk mengetahui efektif tidaknya metode eksperimen dilakukan uji one sample t-test. Kemudian untuk mengetahui perbedaan keefektifan metode eksperimen dan demonstrasi dilakukan uji multivariat dengan uji T2 Hotelling dan dilanjutkan analisis univariat dengan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen efektif ditinjau dari keterampilan proses dan hasil belajar IPA, dan (2) pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA dibandingkan dengan metode demonstrasi.

Kata kunci: Keefektifan, metode eksperimen, keterampilan proses, hasil belajar IPA.

 

THE EFFECTIVENESS OF EXPERIMENT METHOD ON PROCESS SKILLS AND THE SCIENCE LEARNING ACHIEVEMENT OF GRADE VIII

STUDENTS IN SMP

Abstract

This study aimed to (1) find out the effectiveness of science teaching-learning using experiment method on the process skills and science learning achievement, and (2) find out the difference of effectiveness between science teaching-learning using experiment method with demonstration method on process skills and science learning achievement. This research was a quasi experiment research. The population of the research was all of students of SMP Diponegoro Depok Sleman grade VIII in the academic year of 2013/2014. The sample consisted of the experiment group that the teaching-learning process used experiment method and the control group that the teaching-learning process used demonstration method. A pretest and posttest were used to collect the data of the learning achievement, while the process skill was taken from the prior ability and the final ability which were the result of observation on the LKS (Students Worksheet). To obtain the effectiveness of the experiment method on each variable, the data were analyzed with one sample t-test. Then, to find the difference between the effectiveness of the experiment and demonstration method on all variables used multivariate technique with T2 Hotelling and followed by univariate analysis with independent sample t test. The results of the research showed that (1) the teaching-learning process of science using the experiment method was effective in terms of process skills and science learning achievement of the students, and (2) the teaching-learning process of science using experiment method was more effective in improving the process skills and science learning achievement than that using the demonstration method.

Keywords: Effectiveness, experiment method, science process skills, science learning achievement


Keywords


Effectiveness, experiment method, science process skills, science learning achievement

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Abrahams, I., & Millar, R. (2008). Does Practical Work Really Work? A Study of The Effectiveness of Practical Work as a Teaching and Learning Method in School Science. International Journal of science Education. Vol. 30, No. 14. Pp 1945 – 1969. ISSN 0950- 0693 Corresponding author. Department of Education Studies, Bishop Grosseteste University College, Lincoln. University of York. UK. Diakses pada tanggal 15 Desember 2013, dari http://www.rhodes.aegean.gr/ptde/ labs/labe/downloads/cti/Does_Practica_Work.pdf.

Alia, N., & Supriyono. (2013). Penerapan Model Direct Instruction Dengan Menggunakan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangkalan Pada Materi Pokok Azas Black. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 02 No. 03 Tahun 2013, 50 – 54. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya. Diakses pada tanggal 23 November 2013, dari http://ejournal. unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan fisika/article/download/3551/1931.

Ango, M.L. (2002). Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in The Teaching of Science: An Educology of Science Education in The Nigeria Context. International Journal of Educology. Vol. 1, No. 1. University of Jos, Plateau State, Nigeria. Diambil pada tanggal 16 Desember 2013, dari http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED494901.pdf.

Arikunto, S. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi, Cetakan ke-2). Jakarta: Bumi Aksara

Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. (Edisi 2. Cetakan IV). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chiappetta, E.L., & Collette, A.T. (1994). Science Instruction In The Middle and Secondary School (Seventh Edition). United States of America. New York: Maxcmillan Publishing Company.

Depdiknas. (2006a). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

________. (2006b). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Djamarah, S.B., & Zain, A. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Listyaningrum, R.I., Sajidan & Suciati. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Inductive Thinking Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS. Volume 4, Nomor 1. Diakses pada tanggal 15 November 2013, dari http://www.jurnal.fkip. uns.ac.id/ index.php/bio/article/download/1405/986

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nopitasari, A., Indrowati, M., & Slamet Santosa. (2012). Pengaruh Metode Student Created Case Studies Disertai Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS. Volume 4, Nomor 3. Diakses pada tanggal 20 November 2013, dari http://www.jurnal. fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/viewFile/1431/1012.

Priyatno, D. (2012). Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik Dengan SPSS. Cetakan 1. Yogyakarta: Gava Media

Purnawirawanti, Y., Sarwanto & Sugiyarto. (2013). Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Demonstrasi dan Simulasi Dalam Pembelajaran IPA Ditinjau dari Kecerdasan Spasial dan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Inkuiri. ISSN: 2252-7893, Vol 2, No 1 2013 (hal 76-87). Diakses pada tanggal 19 November 2013, dari .http://jurnal. fkip.uns.ac.id/index.php/sains/article/download/3787/2671.

Roestiyah, N.K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Subamia, I.M.P. (2012). Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Starter Experiment. Undiksha. Bali. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 45. No. 1. Lembaga Guru Tenaga Keguruan Undiksha.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). (Cetakan ke-23). Bandung: CV. Alfabeta

Trihendradi, C. (2013). Step By Step IBM SPSS 21: Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi Offset

Zuldafrial. (2012). Strategi Belajar Mengajar. (Cetakan Kedua). Surakarta: Cakrawala Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Anik Purwanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo