Pengembangan modul fisika berbasis CTL untuk meningkatkan KPS dan sikap ilmiah siswa Madrasah Aliyah

Iis Rinsiyah, MAN Padang Japang (Kemenag Kab. LimaPuluh Kota). Jl. Durian Tarung, Padang, Indonesia., Indonesia

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan modul fisika berbasis CTL yang layak untuk pembelajaran fisika pada siswa madrasah aliyah, dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa menggunakan modul fisika berbasis CTL.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan  yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) modul fisika berbasis CTL yang dikembangkan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran fisika pada siswa madrasah aliyah menurut penilaian ahli dan siswa pada kategori penilaian sangat baik, dan (2) ada peningkatan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa menggunakan modul fisika berbasis CTL yang dikembangkan.

Kata Kunci: modul fisika berbasis CTL, keterampilan proses sains, sikap ilmiah.

 

Developing A Physics Module Based On Ctl To Increase SPS And Scientific Attitudes In Islamic Senior High School

 

Abstract

This research aimed to: (1) develop a physics module based on CTL which is valid to use in physics instructions of the Islamic Senior High School Students and (2) investigate the increase of science process skills and scientific attitudes using the physics module based on CTL. This development research used Thiagarajan’s model with stages including define, design, develop and disseminate. The results showed that (1) a physics module based on CTL was valid to use in instructions of the  Islamic Senior High School Students with very good category judged by experts and students, and (2) there was an increase of science process skills and scientific attitudes using physics module based on CTL..

Keywords: physics module based on CTL, science process skills, scientific attitudes.


Keywords


modul fisika berbasis CTL, keterampilan proses sains, sikap ilmiah.

Full Text:

FULLTEXT PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Iis Rinsiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo