Pengaruh motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan Kepsek terhadap kinerja guru SD Biak Numfor, Papua

Ruth Yawan, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar: (1) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru; (2) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; dan (3) pengaruh motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di kabupaten Biak Numfor, Papua. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar di kabupaten Biak Numfor. Sampel terdiri dari 72 guru yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data untuk ketiga variabel adalah menggunakan kuesioner (angket). Penelitian ini termasuk penelitian korelasi (correlation research). Hasil penilitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial terdapat pengaruh positif sedang  dan signifikan dari motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, (2) secara parsial terdapat pengaruh yang positif  dan  signifikan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. (3) terdapat pengaruh yang positif kuat dan signifikan dari motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di kabupaten Biak Numfor.

Kata Kunci: motivasi kerja, gaya kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru.

 

The Effects of Teachers’ Work Motivation and Principal’s Leadership Style on The Performance of  Teachers in The Regency of Biak Numfor, Papua

 

Abstract

This study aimed to investigate: (1) the effect of teachers’ work motivation on their perfor­mance, (2) the effect of principals’ leadership style on teachers’ performance, and (3) the effect of teachers’ work motivation and principals’ leadership style as an aggregate on the performance of teachers in the Regency of Biak Numfor, Papua. The population of this research comprised all teachers in elementary schools in the Regency of Biak Numfor. The sample, consisting of 72 teachers, was selected by means of the purposive sampling technique. The technique to collect the data on the three variables was a questionnaire. This was correlation research. The results of this research can be concluded that: (1) partially there was a significant, moderate, and positive effect of teachers’ work motivation on their performance; (2) partially there was an insignificant, weak, and positive effect of principals’ leadership style on teachers’ performance; and (3) there was a significant, strong, and positive effect of teachers’ work motivation and principals’ leadership style as an aggregate on the performance of  teachers of elementary schools in the Regency of Biak Numfor.

Keywords: teachers’ work motivation, principals’ leadership style, teachers’ performance one


Keywords


motivasi kerja, gaya kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Amstrong, Michael & Angela Baron. (1998). Performance Managemen. London: Institute of Personnel and Development.

Barry Cushway. (2002). Human Resource Management (MSDM), Perencanaan, Analisis, Kinerja, Penghargaan. Cetakan ketiga. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Berelson, B. & Steiner, G.A. (1964). Human Behaviour: An Inventory of Scientific Findings. New York: Harcourt, Brace and World.

Daryanto. (2011). Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Davis, K. & Newstrom, J.W. (2001). Perilaku dalam Organisasi. Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdikbud. (1989). Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 26, Tahun1989, tentang Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. (2005). Undang-Undang RI Nomor 19, Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan

Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK,SD, SMP, SMA, SMK & SLB. Jakarta: BP. Cipta Karya.

Duwi Priyatno. (2008). Mandiri Belajar SPSS, untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Yogyakarta: Medikom.

Fred C. Lunenburg & Allan C. Ornstein .(1999). Educational Administration: Concepts and Practices,(3rded). Belmont, CA: Wadsworth

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., & Donnelly, JR.J.H. (1998). Organisasi (Perilaku, Stuktur, Proses). Jild I, Edisi ke 8 (Terjemahan Nunuk Adriani). Homewood, Illinois: Richard D. Irwin Inc. Buku asli diterbitkan tahun1995.

Hamzah B. Uno & Nina Lamatenggo. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hersey, Paul & Ken Blanchard. (1992). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumberdaya Manusia, (Cetakan ketiga), (Terjemahan Agus Dharma). New Jersey: Prentice Hall, Inc. Buku asli diterbitkan pada tahun 1977.

Husaini Usman. (2008). Peranan dan Fungsi Kepala Sekolah/Madrasah. Jurnal Tenaga Kependidikan. Vol. 3.

Idochi Anwar (2013). Administrasi Pendidika dan Manajemen Biaya Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

James A.F.Stoner Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jerry H. Makawimbang (2012). Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, H. E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja

Sudjana. (1996). Teknik Analisis Regresi Dan Korelasi. Tarsito: Bandung.

Sugiono. (2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syofian Siregar. (2013). Statistika Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Whitmore, John. (1997). Coaching for Performance: Seni Mengarahkan untuk Mendongkrak Kinerja, (Terjemahan Dwi Helly Purnomo dan Louis Novianto). London: Nicholas Brealey Publishing Ltd. Buku asli diterbitkan tahun 1997.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo