Pengembangan Media Animasi Biologi dan Efektivitasnya Terhadap Peningkatan Minat serta Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Mataram

Nurmaningsih Nurmaningsih, Mahasiswa PPs Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram, Indonesia
Dwi Soelistya Dyah Jekti, Dosen Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram, Indonesia
Jamaluddin Jamaluddin, Dosen Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi biologi dan mengetahui efektivitas penggunaan media animasi biologi terhadap peningkatan minat serta hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Mataram. Desain penelitian ini adalah model Borg & Gall. Data perbedaan peningkatan hasil dan minat belajar dianalisis menggunakan uji perbedaan rata-rata. Besarnya peningkatan hasil belajar dan minat belajar siswa dianalisis menggunakan skor gain ternormalisasi (N-gain). Perbedaan peningkatan hasil belajar diuji dengan Mann-Whitney diperoleh nilai p<0,05, berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata N-gain hasil belajar kelas eksperimen adalah 25,6% dan kelas kontrol adalah 21,4%. Uji perbedaan peningkatan minat belajar menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai p>0,05, berarti tidak terdapat perbedaan secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa. Rata-rata N-gain minat belajar kelas eksperimen adalah 1,6% dan kelas kontrol adalah 1,5%. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap kemenarikan dan peran media animasi biologi dalam pembelajaran dunia tumbuhan.

Kata kunci: media animasi biologi, hasil belajar, minat belajar siswa


Keywords


media animasi biologi; hasil belajar; minat belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo