Studi Jenis, Komposisi, dan Karakter Sampah di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Yogyakarta serta Strategi Pengelolaannya.

H Yulipriyanto, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, komposisi, dan karakter sampah yang ada di lingkungan kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan mencari cara-cara penanganannya yang tepat.
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode observasi. Pengamatan dan pengidentifikasian sampah dilakukan terutama di tempat-tempat pembuangan sampah reguler (TPS), dan tempat-tempat lainnya yang sering dijadikan tempat pembuangan sampah misalnya ruang kuliah, WC, sekitar kantin, kebun, dan taman dan halaman yang ada di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis sampah dikategorikan dalam sampah anorganik dan organik, komposisi sampah dicerminkan melalui persentase besarnya jenis-jenis sampah, sedang karakter sampah ditampilkan melalui sampah basah dan kering. Strategi pengelolaan sampah yang dipilih ditentukan berdasarkan karakter sampahnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis sampah yang ditemukan di lingkungan kampus UNY adalah yang mencakup plastik, kertas, karton, gabus, tinta, yang dapat dikategorikan dalam sampah anorganik dan kategori organik yang meliputi dedaunan, ranting, dan sisa-sisa makanan. Sampah kampus UNY didominasi oleh sampah organik kira-kira 80% berupa dedaunan yang berasal dari guguran daun pepohonan yang ada di lingkungan kampus seperti daun klengkeng, glerecidae, bungur, filisium, dan rerumputan. Sementara yang anorganik kira-kira 20% didominasi oleh sampah kertas dan plastik. Karakter sampah UNY secara umum adalah tidak berbau, sebagian besar sulit dibakar, sedikit yang mudah dibakar. Berdasarkan jenis dan karakternya maka strategi pengelolaan sampah yang dipilih diantaranya menggunakan pendekatan waste minimization (daur ulang dan pengomposan) dan landfill (dibawa ke tempat pembuangan akhir).

Kata kunci: jenis, karakter komposisi sampah, kampus universitas negeri yogyakarta dan pengelolaannya


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.12341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo