Peningkatan Kemampuan Penalaran Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Edhita Putri Daryanti, Pendidikan Biologi FKIP UNS, Indonesia
Yudi Rinanto, Pendidikan Biologi FKIP UNS, Indonesia
Sri Dwiastuti, Pendidikan Biologi FKIP UNS, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kamampuan penalaran ilmiah melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 Siklus. Setiap Siklusnya terdiri dari 4 tahapan meliputi; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Colomadu tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 orang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kajian dokumen portofolio siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian dapat ditunjukkan terjadi kenaikan dari Pra Siklus hingga Siklus 3 sebesar 37,22% pada kemampuan penalaran ilmiah siswa. Kesimpulan dari penelitian bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas XI IPA 2 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: kemampuan penalaran ilmiah, model pembelajaran inkuiri terbimbing, pernapasan manusia


Keywords


kemampuan penalaran ilmiah; model pembelajaran inkuiri terbimbing; pernapasan manusia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo