Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Ni Wayan Rai Pariadi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
R. Dwi Jati Sajarun, SMA Negeri 2 Wates Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan respon siswa terhadap penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran biologi khususnya pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Pada penelitian ini diperoleh adanya peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 59,81% yang berkategori sedang menjadi 82,08% yang berkategori tinggi pada siklus II. Serta sebaran skor observasi motivasi belajar siswa pada siklus I, siswa yang memiliki motivasi belajar kategori tinggi sejumlah 23,33% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Respon siswa terhadap penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berada pada kategori positif dengan nilai rata-rata 60,2. Hasil analisis data tersebut menunjukkan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA N 2 Wates semester 1 tahun ajaran 2013/2014.

Kata kunci: number heads together, motivasi belajar, respon siswa


Keywords


number heads together; motivasi belajar; respon siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo