QUALITY CONTROL PRODUK VCO SECARA MUDAH, MURAH DAN AKURAT

Isana Supiah Yosephine Louise, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Endang Widjajanti Laksono, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Sulistyani Sulistyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


VCO (virgin coconut oil) merupakan salah satu komoditas yang memungkinkan diproduksi secara besar-besaran karena selain memiliki daya simpan relatif lama juga memiliki kelebihan-kelebihan lain, antara lain memiliki khasiat obat, dapat digunakan sebagai bahan pangan maupun obat, harga jual relatif tinggi, dan sangat memungkinkan dijadikan komoditas ekspor. Untuk itu quality control produk VCO sangat perlu mendapatkan perhatian khusus supaya penjualan dapat meningkat dan menjaga harga yang relatif konstan atau bahkan meningkat karena kualitas produk yang dapat dipercaya oleh konsumen. Pengujian kualitas secara laboratorium seringkali memiliki banyak kendala, selain harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dicoba memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha/masysrakat terkait quality control produk VCO yang telah/akan diproduksi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilakukan selama tujuh bulan, baik secara luring maupun daring, dengan metode pelatihan dan pendampingan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PkM Pengembangan Wilayah dengan tema Quality Control Produk VCO secara Mudah, Murah dan Akurat dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman peserta terkait produk VCO dan  quality controlnya, secara umum kegiatan ini bermanfaat bagi peserta pengabdian, penyampaian materi dapat diterima dengan sangat baik (45,45%), metoda yang digunakan dalam kegiatan pengabdian dirasa sesuai oleh peserta pengabdian.


Keywords


VCO, quality control, pelatihan, pendampingan

Full Text:

PDF

References


Bachtiar, Suharto T., Ria Assyifa, (2013). Analisa Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Methode Statistcal Quality Control (SQC), Malikussaleh Industrial Journal Enginering Vol.12 No. 1 Tahun 2013, Universitas Malikussaleh, Aceh . Indonesia.

Besterfield, D.H. (1986). Quality control, edisi II , Englewood Cliffs, Prentice Hall.

El. Grand dan Haven Worth, RS. (1985). Statistical Quality Control , 5th Ed.Mc. Graw Hill, Inc, New York.

Jain, P. L. (2006). Quality Control and Total Quality Management. New Delhi: Tata Mc-Graw-Hill Publishing.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v8i1.53485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo