Metode Pembelajaran Tanya Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Tuna Grahita di SLB Ganda Daya Ananda

Halimatus Sadiyah, UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
Aulia Nurul Aini, UIN Sunan Kalijaga, Indonesia

Abstract


Sekolah Luar Biasa (SLB) Ganda Daya Ananda adalah  salah satu sekolah yang melayani siswa dengan berbagai kebutuhan khusus. Dimana dalam sekolah ini siswa tidak dituntut untuk dapat mengikuti kurikulum yang ada, namun belajar sesuai dengan kemampuan mereka. Pengabdian ini dilakukan adalah untuk mengetahui metode yang tepat dalam pembelajaran matematika anak tunagrahita. Guru dapat melakukan pembelajaran yang sesuai bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus tunagrahita. Guru harus perlahan dalam menjelaskan materi matematika yang ada sehingga anak anak tunagrahita dapat memahami pembelajaran yang ada. Hal tersebut karena pelajaran matematika merupakan pelajaran yang abstrak dan membutuhkan pemahaman yang lebih dibandingkan pelajaran-pelajaran yang lain. Kemudian sulitnya menerima materi oleh anak tunagrahita karena akademiknya terhambat. Pemebelajaran yang dilakukan adalah dengan pengajar harus bisa menguasai kelas, harus aktif berkomunikasi dengan siswa, dan juga menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa tunagrahita

Keywords


Tunagrahita; Pembelajaran; Matematika

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, M. Z., Widihastrini, F., & Bektiningsih, K. (2021). Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Inklusi. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1223-1236.

Damayanti, T., Hamdan, S. R., & Khasanah, A. N. (2017). Kompetensi guru di dalam proses pembelajaran inklusi pada guru SD negeri di kota Bandung. Schema: Journal of Psychological Research, 79-88.

Dima, A. P. (2015). embelajaran Musik Angklung Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 3(1), 48-70.

Fauzia, S. N. (2021). Analisis penerapan metode tanya jawab dalam perkembangan bahasa anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 11-20.

Humaira, D., Fatmawati, F., & Zulmiyetri, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia bagi anak tunagrahita ringan kelas iii di slb sabiluna pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3), 95-109.

Jauhari, M. N., Mambela, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhapad pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di Sekolah Luar Biasa. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 63-70.

Mustika Jannah, T., Rosadi, K. I., & Sari, S. Y. (2020). Bimbingan Guru Dalam Interaksi Sosial Pada Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Negeri (Slbn) Prof. Dr. Sri Soedewi Masjhcun Sofwan, Sh. Di Kota Jambi. (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Oktavianingtyas, E. (2015). Media untuk mengefektifkan pembelajaran operasi hitung dasar matematika siswa jenjang pendidikan dasar. Pancaran Pendidikan, 4(4), 207-218.

Rina, R., Jannah, S. M., Pratiwi, V. E., & Soemantri, S. (2019). Penguatan Konsep Operasi Bilangan Bulat pada Siswa Inklusi Melalui Media Matryk (Math Story Book). Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 28-38.

Runisah, R., Nandang, N., & Ismunandar, D. (2022). Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 6(1), 57-62.

Saputri, S., Ningsih, E. F., & Widyawati, S. (2017). Analisis kesulitan anak tunagrahita dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan di sekolah luar biasa (SLB) harapan ibu metro. Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 187-200.

Sari, S., Binahayati, B., & Taftazani, B. M. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di SLB N Purwakarta). Jurnal Penelitian & Pkm, 4(2), 129-389.

Suwastarini, N. N., DANTES, D. N., CANDIASA, D. I., & Komp, M. I. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sdlb B (Tuna Rungu) pada Slb B Negeri Ptn Jimbaran. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan Indonesia, 5(1), 1-10.

Widiastuti, N. L., & Winaya, I. M. (2019). Prinsip khusus dan jenis layanan pendidikan bagi anak tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116-126.

Wijayanti, S. H. (2012). Efektivitas Metode Kolaboratif dalam Pembelajaran Menulis. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 40(2), 205-215.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo