IbM Workshop Metode Matematika Gasing Bagi Guru SD Muhammadiyah Se Jakarta Timur

Ima Mulyawati, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
Wiratamasari Sarwinda, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia

Abstract


Abstrak

IbM pengabdian masyarakat melalui workshop metode matematika GASING bagi guru SD Muhammadiyah se Jakarta Timur. Tujuan dalam pengabdian ini adalah 1) peningkatan pemahaman tentang penjumlahan dan pengurangan; 2) peningkatan pemahaman tentang perkalian dan pembagian. Penerapan metode GASING dilaksanakan melalui empat tahapan. Tahap pertama adalah tahap persiapan, meliputi pembuatan buku modul, persiapan bahan ajar, workshett, persiapan strategi mengajar, dan koordinasi dengan pihak mitra terkait persiapan workshop. Tahap kedua adalah tahap pelaksanaan workshop, tahap ini diawali dengan pemberian pretest kepada para peserta, dilanjutkan dengan workshop metode matematika GASING, kemudian diakhiri dengan tahap posttest dan tahap pengisian angket kepuasan oleh peserta. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah pelatihan metode GASING dapat meningkatkan kemampuan guru-guru SD Muhammadiyah se Jakarta Timur dalam menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian.

 

Kata kunci: Motede Matematika GASING, Workshop Matematika GASING SD.

 

IbM Workshop on Gasing Mathematics Method for Teachers of Muhammadiyah Elementary Schools in East Jakarta

Abstract

IbM community service through a workshop on GASING mathematics methods for Muhammadiyah elementary school teachers in East Jakarta. Aim in this service are 1) increasing understanding of addition and subtraction; 2) increasing understanding of multiplication and division. The application of the GASING method is carried out through four stages. The first stage is the preparation stage, which includes the making of a module book, preparation of teaching materials, worksheets, preparation of teaching strategies, and coordination with partners regarding preparation of workshops. The second stage is the implementation phase of the workshop, this stage begins with giving a pretest to the participants, followed by a workshop on mathematical methods GASING, then ends with the posttest stage and the stage of filling the satisfaction questionnaire by the participants. The result of community service activities is that the GASING method training can improve the ability of East Jakarta Muhammadiyah elementary school teachers to calculate addition, subtraction, multiplicatio.

 

Keywords: GASING Mathematical Methods, GASING Elementary Mathematics Workshop.


Keywords


Motede Matematika GASING, Workshop Matematika GASING SD.

Full Text:

PDF

References


Ambotaang, R. (2015). Efektivitas Metode Gasing Terhadap Pemahaman Konsep Materi Energi dan Perubahannya Peserta Didik SMP Negeri 4 Satap Batumenteng. UIN Alauddin Makassar, 3(2), 119–123.

Armianti, A., Yani, I., Widuri, K., & Sulistiawati, S. (2018). Pengaruh Matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Peserta Matrikulasi STKIP Surya. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 74–81. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5012

Frengky. (2008). Model Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 35(2), 151–163.

Halyadi, H., Agustianie, D., Handayani, T., & Windria, H. (2017). Penggunaan Kobesi Dalam Matematika Gasing Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Perkalian Siswa SD. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 81. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2149

Putra, A. E., Artawan, P. (2015). Metode Gasing Berseting Siklus Belajar Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal Wahana Matematika Dan Sains, 8(April 2014), 47–60.

Riyanti, R., Sutama, S., & Maryadi, M. (2018). Manajemen Pembelajaran Matematika di SD Negeri Mangkubumen 83 Surakarta. Jurnal VARIDIKA, 29(1), 65. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5150

Sulistiawati. (2014). Pembelajaran Perkalian Bilangan 1-10 Dengan Matematika Gasing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Makalah Disajikan Dalam Seminar Nasional Matematika VIII UNNES 2014, 99–114.

Wiyanti, W., & Wakhyuningsih, N. (2013). Penerapan Matematika GASING (Gampang, ASyIk, menyenaNGkan) pada Materi Penjumlahan Dua Digit dengan Dua Digit untuk Siswa Kelas 1 Sekolah. Prosing Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika STKIP SURYA, 1–8.

Zafivani, O., Ameth, H., Wulandari, D. P., & Siregar, J. H. (2016). Penerapan Matematika Gasing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mempelajari Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 502–512.

Zaleha. (2018). Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Implementasi Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas V Sekolah. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 4(1), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo