Pelatihan Penggunaan Kit Listrik Magnet SEQIP Bagi Guru-Guru IPA SD di Kabupaten Bantul

Yusman Wiyatmo, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY, Indonesia
Bambang Ruwanto, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY
subroto subroto, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: 1) meningkatkan pengetahuan guru IPA SD tentang materi kelistrikan dan kemagnetan yang terkait dengan  Kit Listrik dan Magnet SEQIP, 2) meningkatkan keterampilan guru IPA SD dalam menggunakan  Kit Listrik Magnet SEQIP,  dan 3) meningkatkan minat guru IPA SD untuk menggunakan alat peraga ( Kit IPA) dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

        Pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan tentang penggunaan Kit Listrik dan Magnet SEQIP.  Subjek pengabdian adalah guru-guru IPA SD di Kecamatan Manding Kabupaten Bantul.  Pelatihan dilakukan dengan memberikan penjelasan percobaan-percobaan yang terkait dengan Kit Listrik dan Magnet dan praktik menggunakan kit untuk melakukan percobaan sederhana. Materi percobaan meliputi: rangkaian listrik sederhana, rangkaian resistor seri, rangkaian resistor parallel, motor listrik, dan dinamo.  Data peningkatan penguasaan materi listrik magnet diukur dengan tes. Data keterampilan guru menggunakan kit diukur pada saat peserta pelatihan melakukan kegiatan praktik menggunakan alat percobaan. Data minat guru IPA untuk menggunakan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran diukur dengan angket.    Evaluasi kegiatan pengabdian dilakukan dengan meminta saran dan masukan secara langsung dari perserta pelatihan  di akhir kegiatan dengan angket.

        Hasil kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Penguasaan materi listrik magnet peserta pelatihan mengalami peningkatan setelah mengikuti pelatihan, 2) Keterampilan guru dalam menggunakan kit listrik magnet SEQIP mengalami peningkatan, dan 3) Minat guru IPA SD untuk menggunakan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan.


Keywords


pelatihan, penggunaan, Kit Listrik Magnet SEQIP

Full Text:

PDF

References


NN. 2001. Informasi SEQIP. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Pelajaran IPA.

NN. 2002. Pengembangan Silabus Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Mohammad Amin, dkk. 2013. Bahan Pelatihan Pengelola Laboratorium Sekolah Menengah Pertama. Modul. Jakarta: Kemendikbud.

Bourden, Paul R. 1998. Method for Effective Teaching 2nd. Allyn and Bacon, Boston.

Heinich, Robert. 1989. Instruction Media and The New Technologies Instruction, Third Eddition. Macmillan Publishing Company, New York.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i1.18723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo