Workshop Pemanfaatan Buku Ajar Statistik Terapan Dan Aplikasi Spss Untuk Meningkatkan Kompetensi Meneliti Bagi Guru IPA Tingkat SMP Di Sleman, Yogyakarta

Eko Widodo, Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNY, Indonesia
Dadan Rosana, Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNY, Indonesia
Didik Setyawarno, Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan program pengabdian (PPM) ini adalah meningkatkan penguasaan uji statistik yang bersifat terapan dalam bidang penelitian pendidikan bagi guru IPA di Sleman, Yogyakarta dengan menggunakan buku ajar statistik terapan. Kegiatan PPM ini diperuntuk bagi guru-guru IPA di Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan ini akan disatukan dengan agenda kegiatan MGMP guru IPA di Sleman, Yogyakarta yang dilakukan secara rutin. Pelatihan dilakukan di Laboratorium Komputer Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNY. Bentuk kegiatan PPM yang akan dilaksanakan dalam kegiatan PPM ini meliputi: tutorial, praktik, tugas terstruktur, dan konsultasi tugas. Pelatihan ini diikuti oleh 10 peserta dari target 20 peserta dari guru-guru IPA SMP di Sleman, Yogyakarta. Hasil kegiatan pelatihan ini yaitu guru memiliki pemahaman dasar dalam uji statistik untuk penelitian pendidikan dan mampu memiliki kemampuan menggunakan aplikasi SPSS dalam uji statistik.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar Statistik, Penelitian, Guru IPA.


Keywords


Bahan Ajar Statistik, Penelitian, Guru IPA.

Full Text:

PDF

References


Catur Hari Wibowo. 2015. Tesis: Problematika Profesi Guru dan Solusinya bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTS Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. Surakarta: PPs IAIN Surakarta.

Dadan Rosana dan Didik Setyawarno. 2016. Statistik Terapan untuk Penelitian Bidang Pendidikan. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Intan Pulungan. 2015. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Implementasi Diklat. Di download di http://sumut.kemenag.go.id/ tanggal 17 Maret 2017.

Maria Ungin. 2013. Studi tentang Kualitas Tenaga Pengajar (Guru) pada SMP N 17 Sendawar Kabupaten Kutai Barat. E-Journal Administrasi Negara, 2013, 1 (1): 97-108.

Surya Dharma. 2008. Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Direktur Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Samtono. Guru sebagai Key Person dalam Uaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Yeti Nurizzati. 2012. Peranan Statistika dalam Penelitian Sosial. Jurnal Edueksos Vol I No 1, Januari-Juni 2012.

Zuhdan Kun Prasetyo, Senam, Slamet Suyanto. 2012. Laporan Penelitian: Pengembangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 6 Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia. Yogyakarta: PPs UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i1.18692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo