BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) SEBAGAI PERCONTOHAN DAN UNIT USAHA BUDIDAYA JAMUR (UUBJ) DI UNIVERSITAS CENDERAWASIH

verena agustini, Universitas Cenderawasih, Indonesia
Supeni Sufaati, Universitas Cenderawasih, Indonesia
Bonifasia Elita Bharanti, Cendrawasih University, Indonesia
Dirk Yanes Runtuboi, Cenderawasih University, Indonesia

Abstract


Usaha jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) di Papua merupakan “bisnis baru” yang sangat menjanjikan. Unit Usaha Budidaya Jamur (UUBJ) yang merupakan implementasi program PPUPIK Jurusan Biologi FMIPA Universitas Cenderawasih (Uncen) telah merintis budidaya jamur tiram sejak tahun 2016. Jamur segar yang dihasilkan 15 kg per minggu dengan harga Rp. 70.000,-/kg. Selain sebagai profit, UUBJ juga menjadi sarana pembelajaran bisnis (wirausaha) bagi mahasiswa, alumni dan kelompok masyarakat. Solusi atau teknologi untuk menumbuhkan dan membentuk jiwa kewirausahaan adalah Entrepreunership Capacity Building (ECB) dan Participatory Action Learning System (PALS). Unit ini telah menghasilkan 5 orang entrepreuner baru di bidang usaha jamur tiram putih yang berasal dari mahasiswa  dan alumni. 


Keywords


Budidaya, Jamur tiram putih, Unit usaha, Jayapura

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Satatisk Propinsi Papua. 2013. Papua dalam angka. Budi, M. 2011. Media tanam jamur tiram putih dengan variasi bahan dasar ampas sagu. Laporan Penelitian. Universitas Cenderawasih. Jayapura. Erawati, D. dan R.H.R. Tanjung, 2012. Ekologi dan kandungan gizi jamur (Volvariela sp.) pada tandan kelapa sawit di kabupaten Kerom, Papua. Poster Seminar Nasional Mikologi. Purwokero, 15 - 16 Mei 2012. Hariadi, N., L.Setyobudi, dan E. Nihayati. 2013. Studi pertumbuhan dan hasil produksi jamur tiram putih (Pleorotus ostreatus) pada media tumbuh jerami padi dan serbuk gergaji. Jurnal Produksi Pertanian. 1(1): 47-53. Sarianti, T., H. Sasongko, dan A. Ratnawati. 2010. Aplikasi NPV at Risk dalam Analisis kelayakan finansial budidaya jamur tiram putih di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Artikel Lepas. Di download, 17 Oktober 2014. Shifriyah, A., K. Badami, dan S. Suryawati. 2012. Pertumbuhan dan produksi jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) pada penambahan dua sumber nutrisi. Agrovigor. 5(1): 8-13. Striyanto, F. 2009. Jenis Jamur Tiram Putih. Jamursekolahdolan.blogspot.com, diakses pada bulan 21 Februari 2012. Sufaati, S., V. Purnamasari, V. Agustini, dan Suharno. 2017. Tambir: Jamur alam Papua yang berpotensi sebagai jamur konsumsi. Jurnal Biologi Papua. 9(1): 20 - 24. Susilawati dan B. Raharjo. 2010. Petunjuk teknis, budidaya jamur tiram (Pleourotus ostreatus var florida) yang ramah lingkungan (Materi Pelatihan Agribisnis bagi KMPH). Report No.50.STE.Final.BPTP Sumatera Selatan. Sutarman. 2012. Keragaan dan produksi jamur tiram putih (Pleurotus Ostreatus) pada media serbuk gergaji dan ampas tebu bersuplemen dedak dan tepung jagung. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan. 12(3): 163-168.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i1.16160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo