Identifikasi Miskonsepsi Konsep Kimia Dan Upaya Mengatasinya Melalui Chemistry Clinic Bagi Pada Guru Anggota Mgmp Kimia

Isana Supiah Yosephine Louise, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, UNY,, Indonesia
Kristian Handoyo Sugiyarto, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, UNY,, Indonesia
Heru Pratomo Al, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, UNY,, Indonesia

Abstract


Program pengabdian pada masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami guru pada materi kimia SMA yang berhubungan dengan kimia anorganik dan kimia fisik, dan (2) memberikan pendampingan untuk meningkatkan penguasaan materi sesuai modul guru pembelajar bagi anggota MGMP kimia Kabupaten Sleman.Kegiatan dilakukan selama 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama di SMAN 1 Pakem, dihadiri 24 orang, membahas Sifat Koligatif Larutan dan menyusun Instrumen Penilaian. Pertemuan kedua di SMAN 2 Sleman, dihadiri 27 orang, membahas Penelitian Tindakan Kelas, Laju Reaksi, Termokimia, dan Elektrolisis. Pertemuan ketiga di SMAN 1 Seyegan, dihadiri 24 orang, membahas Teori Atom dan Ikatan Kimia.  Kesimpulan daripada kegiatan ini, adalah  (1) beberapa  guru masih banyak mengalami miskonsepsi dalam pembahasan materi: Laju Reaksi, Termokimia, Elektrolisis, Sifat Koligatif Larutan, dan Bilangan Kuantum dan (2) Modul Guru Pembelajar yang perlu dipahami kembali oleh para guru anggota MGMP Kimia Kabupaten, adalah Modul A, D, G, dan J, baik dalam materi pedagogik maupun kimianya.


Keywords


miskonsepsi kimia, modul guru pembelajar.

Full Text:

PDF

References


Bodner, G.M. 1986 "Contrustructivism : A Theory of Knowledge", Journal of Chemical Education, 63, 873-878.

Euwe van den Berg (Ed). 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remidiasi. Salatiga: UKSW

Heru Pratomo Al. 2013. Pendampingan guru anggota MGMP Kabupaten Sleman dalam memecahkan soal olimpiade kimia tingkat kabupaten. (Makalah).

Heru Pratomo Al., dan K.H. Sugiyarto. 2013. Laporan PPM: “Chemistry clinic” sebagai upaya penyegaran dan remediasi guru anggota MGMP kimia Kabupaten Bantul. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Heru Pratomo Al., dan K.H. Sugiyarto. 2014. Laporan PPM: Pendampingan guru anggota MGMP Kimia Kabupaten Sleman dalam menyiapkan siswa untuk menghadapi olimpiade kimia tingkat Kabupaten/Kota. Yogyakarta: FMIPA UNY

Heru Pratomo Al., K.H. Sugiyarto. dan Isana Supiah YL. 2016. Laporan PPM: Pendampingan pembina olimpiade kimia siswa melalui chemistry clinic bagi guru anggota MGMP Kimia Kabupaten Bantul. Yogyakarta: FMIPA UNY

Kristian H, Sugiyarto. 2009. Laporan Kegiatan Pendampingan bagi Guru Pembina Olimpiade. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Kristian H, Sugiyarto, Heru Pratomo Al, dan Togu Gultom, 2010. Laporan Penelitian: Miskonsepsi atas Pokok Bahasan Bilangan Kuantum dan Konfigurasi Elektronik pada Berbagai Buku-Ajar Kimia SMA dan Para Guru Penggunanya. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Kristian H, Sugiyarto, dan Heru Pratomo Al. 2013. Laporan Penelitian: Miskonsepsi atas Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia dan Reaksi Redoks pada Berbagai Buku-Ajar Kimia SMA dan Para Guru Penggunanya. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Novak, J. D., and Godwin, D. B., 1986. Learning How to Learn, Cambridge: Cambridge University Press.

Sediono Abdullah (ed). 2016. Modul Guru Pembelajar. Bandung: PPPPTK IPA, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i2.15569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo