Tingkat pemahaman siswa kelas VII terhadap permainan basket SMP Negeri 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo

Sunaryo Sunaryo, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumaryanto Sumaryanto, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sigit Nugroho, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abiyyu Amajida, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Zaza Afnindar Fakhrurozi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Danny Eka Wahyu Saputra, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yanuar Rachman Sadewa, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik kelas VII terhadap permainan bola basket di SMP Negeri 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Lendah kelas A, B, dan C sebanyak 96 peserta didik dan sekaligus merupakan subjek pada penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan instrument yang digunakan menggunakan tes yang disebarkan melalui google form. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian tingkat pemahaman untuk untuk kategori sangat tinggi sebanyak 8 peserta didik (8,3%), tinggi sebanyak 20 peserta didik (20,9%), sedang sebanyak 45 peserta didik (46,8%), rendah sebanyak 19 peserta didik (19,8%), sangat rendah sebanyak 4 peserta didik (4,2%). Penelitian ini dapat disimpulkan tingkat pemahaman peserta didik kelas VII terhadap permainan bola basket di SMP Negeri 1 Lendah sebagian besar masuk dalam kategori sedang.

 

Abstract: This research aims to determine the level of comprehension of the seventhgrade students regarding the basketball game at SMP Negeri 1 Lendah (Lendah 1 Junior High School), Kulon Progo Regency. This research was a descriptive quantitative study with survey methods. The research population was the seventhgrade students of SMP Negeri 1 Lendah classes A, B, and C for about 96 students who were also the subjects of the study. We used total sampling technique and the instruments used the tests distributed via the Google form. The data analysis used the descriptive quantitative analysis with percentages. Based on the results of the research, the level of comprehension is as follows: in the very high level for about 8 students (8.3%), in the high level for about 20 students (20.9%), in the medium level for about 45 students (46.8%), in the low level for about 19 students (19.8%), and in the very low level for about 4 students (4.2%). These results can be interpreted as the level of comprehension of the seventhgrade students towards the basketball game at SMP Negeri 1 Lendah, most of the students are categorized into the medium level.


Keywords


level of comprehension, basketball game, students, permainan bola basket

Full Text:

PDF

References


ANILAS, H. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribble Bola Basket Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw. Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).

Ari Iswanto, E. W. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani yang Efektif dan Berkualitas. MAJORA, 48(2), 39–62. www.ine.es

Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal, 8(2), 203. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3518

Fitrotun Nisa, I. F. D. S. (2021). Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siawa Sekolah dasar. Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siawa Sekolah Dasar, 8(4), 322–328.

Hartanti, M. D., Nurhasan, N., & Syam Tuasikal, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sirkuit Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dribble Dan Shooting Bola Basket. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 111. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8614

Komarudin, K., & Prabowo, M. (2020). Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi Covid-19. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 26(2), 56–66. https://doi.org/10.21831/majora.v26i2.34589

Mustafa, P. S., & Angga, P. D. (2022). Strategi Pengembangan Produk dalam Penelitian dan Pengembangan pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 6(3), 413–424. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.522

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Pertiwi, A., & Pertiwi, A. (2020). Konsep Informatika Dan Computational Thinking Di Dalam Kurikulum Sekolah Dasar, Menengah, Dan Atas. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 146. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.53

Rithaudin, A., & Prasetyowati Tri Purnama Sari, I. (2019). Analisis pembelajaran aspek kognitif materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 33–38.

Samsudin, S. (2022). Pengaruh Kelincahan dan Kekuatan Otot Lengan terhadap Kemampuan Menggiring Bola dalam permainan bola basket Pada siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Belo. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(1), 11–16. https://doi.org/10.37630/jpo.v12i1.691

Suherman. W.S. (2002). Spektrum Kaya Warna dari Mosston untuk Mengajarkan Pendidikan Jasmani. Cakrawala Pendidikan, 4(3), 1–23.

Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92–119.

Tiyo prayoga. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Permainan Dasar Bola Basket Siswa Menengah Kejuruan. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. 2, 1–17.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v20i1.72501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats