PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PELAKSANAAN UNIT KESEHATAN SEKOLAH DI SMP NEGERI Se-KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Erwin Setyo Kriswanto,

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Jasmani dalam meningkatkan Usaha Kesehatan Sekolah di SMP Negeri se- Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman. Jumlah guru pendidikan jasmani tersebut sebanyak 38 orang, seluruh populasi dijadikan sampel penelitian dengan teknik total sampling. Uji Validitas Instrumen menggunakan rumus Product Momen dari Karl Pearson dan uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan guru pendidikan jasmani terhadap pelaksanaan unit kesehatan sekolah di SMP negeri Se-Kabupaten Sleman Yogyakarta adalah sedang, dengan rincian: sebanyak 0 guru (0,00%) dengan kategori sangat baik, 16 guru (42,00%) dengan kategori baik, 10 guru (26,00%) dengan kategori sedang, 9 orang guru (24,00%) dengan kategori kurang, dan 3 guru (8,00%) dengan kategori sangat kurang.         

 

Kata kunci: Peranan Guru,  Pendidikan Jasmani, UKS




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v7i2.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats