PENINGKATAN PEMBELAJARAN DASAR GERAK RENANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MAHASISWA PRODI PJKR FIK UNY

AM. Bandi Utama,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran  matakuliah Dasar Gerak Renang melalui pendekatan bermain pada mahasiswa jurusan Pendidikan Olahraga Prodi PJKR FIK UNY tahun ajaran 2009/2010.

Metode penelitian tindakan kelas yang digunakan dari Kemmis et al, 1982; dan Burns, 1999, dengan melalui beberapa siklus tindakan. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan: tahap ini terdiri atas 1) planning, 2) acting, 3) observing, dan 4) reflecting dan Tahap Akhir. Rancangan tindakan penelitian terdiri dari tiga siklus. Proses pengolahan dan analisis data deskriptif terdiri dari 1). deskripsi data, 2) validasi data, 3) interpretasi data. Adapun pedoman pendekatan bermain menggunakan buku pedoman pembelajaran renang dengan pendekatan bermain dari Peter Meaney tentang Wet Games: a fun approach to teaching swimming and water safety tahun 2005. Selain itu digunakan juga buku tentang Water Fun: 116 fitness and swimming activities for all ages, oleh Terri Lees tahun 2007. Populasi penelitian adalah 60 orang mahasiswa kelas C prodi PJKR FIK UNY yang menempuh mata kuliah Dasar Gerak Renang pada semester II tahun ajaran 2010.

        Berdasarkan hasil refleksi dan pembahasan terhadap penelitian tindakan kelas di atas, dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan proses pembelajaan dasar gerak renang. Hasil yang diperoleh adalah terciptanya pembelajaran yang menggembirakan, menyenangkan, dan penuh semangat belajar sehingga mampu membawa mahasiswa untuk berprestasi lebih baik dari pada sebelumnya. Hal ini dapat ditandai dengan adanya peningkatan nilai rata- rata kelulusan tanpa mengabaikan mutu lulusan, tingkat partisipatori mahasiswa yang optimal, suasana pembelajaran yang kondusif, serta memperkaya kasanah model pembelajaran di prodi PJKR FIK UNY.

 

Kata kunci: dasar gerak renang, tindakan kelas, pembelajaran, bermain.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v7i2.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats