Peningkatan karakter kepedulian dan kerjasama dalam pembelajaran mata kuliah atletik

Andika Triansyah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia
Nur Moh Kusuma Atmaja, Prodi Penjaskesrek, STKIP Melawi Kalimantan Barat, Indonesia
Muhammad Abdurrochim, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP PGRI Kalimantan Timur, Indonesia
Muhammad Fachrurrozi Bafadal, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan karakter kepedulian dan kerjasama melalui cooperative learning tipe Teams Game Tournament pada mata kuliah atletik dan meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah atletik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kepedulian dan kerjasama mahasiswa pada mata kuliah atletik meningkat, dengan data nilai kepedulian pra siklus 14 point (37%), siklus I 21 point (55%), dan siklus II 31 point (82%). Nilai kerjasama menunjukan hasil pada pra siklus 13 point (34%), siklus I 21 point (55%) dan siklus II 33 point (87%), hasil positif terjadi karena peningkatan karakter kepedulian dan kerjasama terus menerus dilakukan secara sadar selama proses pembelajaran sehingga menanamkan kebiasaan (habituation) pada mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa juga meningkat pada mata kuliah atletik, dengan data kelulusan pada pra siklus 11 orang (29%) dengan nilai rata-rata 50 atau kategori D, siklus I 32 orang (84%) dengan nilai rata-rata 68 atau kategori C dan siklus II 38 orang (100%) dengan nilai rata-rata 92 atau kategori A, hasil belajar yang meningkat terjadi karena lingkungan belajar kondusif dan mahasiswa saling mengingatkan serta menguatkan selama proses belajar, yang merupakan dampak dari peningkatan karakter kepedulian dan kerjasama.

 

Increasing character of caring and cooperation learning athletic subject

 

Abstract

This study aims to determine the results of the increasing of the character of caring and cooperation through cooperative learning type Teams Game Tournament in athletic subjects and improve learning outcomes in athletic subjects. The research method used was classroom action research. Data were analyzed with qualitative and quantitative descriptive techniques. The results showed that the value of student care and cooperation in athletic subjects increased with pre-cycle care scores of 14 points (37%), cycle I 21 points (55%), and cycle II 31 points (82%). The value of cooperation shows the data at the pre cycle 13 points (34%), cycle I 21 points (55%) and cycle II 33 points (87%), positive results occur because the increasing character of care and cooperation is continuously carried out consciously during the learning process so that instilling habits (habituation) in students. While student learning outcomes improved in athletic subjects, with pre-cycle data of 11 people (29%), the average value of 50 or category D, cycle I 32 people (84%), the average value of 68 or category C and the second cycle of 38 people (100%) an average score of 92 or category A, improved learning outcomes occur because the learning environment is conducive and students remind and reinforce each other during the learning process, which is the impact of increasing the character of caring and cooperation.


Keywords


kepedulian, kerjasama, cooperative learning, caring

Full Text:

PDF

References


Adams, A. (2011). The need for character education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 3(2), 23–32.

Hidayati, N., & Muhammad, H. N. (2014). Peningkatan hasil belajar pada materi lompat kangkang dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02, 350–353.

Juhrodin. (2016). Iklim pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. JOURNAL OF S.P.O.R.T, 1(1).

Julaiha, S. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sains. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15

Kohn, A. (1997). How not to teach values: A critical look at character education. overcominghateportal.org. Retrieved from https://www.overcominghateportal.org/uploads/5/4/1/5/5415260/how_not_to_teach_values-alfie_kohn.pdf

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik-integratif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli dan tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503

Lickona, T. (1996). Eleven principles of effective character education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110

Martindar, F. B., & Hartati, S. C. Y. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament ( TGT ) terhadap hasil belajar renang gaya bebas. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(1), 164–170.

Meo, M. (2019). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam membentuk nilai-nilai karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 167–176. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551964

Metzler, M. (2017). Instructional models in physical education. Retrieved from https://www.taylorfrancis.com/books/9781315213521

Nugroho, D. R., & Rachman, A. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (Tgt) terhadap motivasi siswa mengikuti pembelajaran bolavoli di kelas X sman 1 panggul kabupaten trenggalek. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 161–165.

Raras Gistha Rosardi, D. Z. (2014). Keefektifan pembelajaran ips dengan strategi pemecahan masalah untuk meningkatkan karakter kemandirian dan kepedulian siswa. Harmoni Sosial, 1(2), 190–203. https://doi.org/httpsdoi.org10.21831hsjpi.v1i2.2440

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan karakter sebagai pilar pembentukan karakter bangsa. Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 348–352.

Slavin, R. E. (1980). Cooperative learning. Journals.Sagepub.Com, 50(2), 315–342. https://doi.org/10.3102/00346543050002315

Slavin, R. E. (2008). Cooperative learning, success for all, and evidence-based reform in education. Éducation Et Didactique, 2(2), 149–157. https://doi.org/10.4000/educationdidactique.334

Soedjatmiko. (2015). Membentuk karakter siswa sekolah dasar menggunakan pendidikan jasmani dan olahraga. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i2.4588

Sugeng Purwanto, Ermawan Susanto, dan C. P. (2014). Pendidikan karakter dengan pendekatan sport education dalam perkuliahan di jurusan pendidikan olahraga uny. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 48–60. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2176

Sukma Khairun Niam, L. (2017). Pengaruh pemberian permainan tradisional terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 2 Ponorogo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 321–328.

Sukmawan, A., & Sudarso. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament terhadap hasil belajar materi menggiring bola pada permainan sepak bola. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01(2), 575–579.

Supranoto, H. (2015). Karakter bangsa pada intinya bertujuan. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 36–49.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan karakter anak melalui aktivitas bermain dalam pendidikan jasmani. Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3477

Wardana, A., Priambodo, A., & Pramono, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran jigsaw dan teams games tournament terhadap karakter kepedulian sosial dan kejujuran dalam pendidikan jasmani olahraga kesehatan. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(1), 12. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n1.p12-24

Winarni, S. (2011). Pengembangan karakter dalam olahraga dan pendidikan jasmani. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2), 124–139. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1460

Wulandari, Y. (2012). The nation’s character building through value education. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 55–66. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1452

Yuliawan, D. (2016). Pembentukan karakter anak dengan jiwa sportif melalui pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal SportiF, 2(1), 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.661




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.31124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats